Rabu, 22 Oktober 2014 Waktu UTC: 01:35

Berita / Dunia / Eropa

Putin Beri Kewarganegaraan Pada Aktor Perancis

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi kewarganegaraan pada bintang film Gerard Depardieu, yang meninggalkan Perancis untuk menghindari kenaikan pajak.

Aktor asal Perancis Gerard Depardieu dalam premier filmnya "Small World" di Berlin. (AP/Clemens Bilan/dapd)
Aktor asal Perancis Gerard Depardieu dalam premier filmnya "Small World" di Berlin. (AP/Clemens Bilan/dapd)
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (3/1) menganugerahkan kewarganegaraan pada Gerard Depardieu, bintang film Perancis yang hengkang dari negara asalnya untuk menghindari pajak, memicu tuduhan pengkhianat bangsa.

Aktor terkenal yang antara lain membintangi "Cyrano de Bergerac" dan "Green Card" itu membeli sebuah rumah di perbatasan Belgia tahun lalu untuk menghindari rencana kenaikan pajak bagi miliuner dari Presiden Perancis asal Partai Sosialis, Francois Hollande. Namun Depardieu juga mengatakan ia dapat mencari pengasingan pajak di mana saja.

Putin mengatakan bulan lalu bahwa Depardieu akan disambut baik di Rusia, yang memiliki tingkat pajak penghasilan yang rata 13 persen, dibandingkan dengan 75 persen untuk pendapatan lebih dari 1 juta euro (US$1,32 juta) yang diinginkan Hollande di Perancis.

Perdana Menteri Perancis Jean-Marc Ayrault menyebut keputusan Depardieu untuk menjadi penduduk Belgia “menyedihkan” dan tidak patriotis di saat warga Perancis diminta membayar pajak lebih tinggi untuk mengurangi utang nasional yang membengkak.

“Saya pergi karena Anda percaya kesuksesan, kreasi, bakat dan apapun yang berbeda harus diberi sanksi,” ujar aktor tersebut dalam sebuah surat yang diterbitkan sebuah surat kabar, dengan mengatakan bahwa ia akan mengembalikan paspor dan kartu jaminan sosialnya.

Depardieu terkenal di Rusia dan telah tampil di banyak iklan. Ia bekerja di negara tersebut pada 2011 untuk sebuah film mengenai biarawan eksentrik Rusia, Grigory Rasputin. (AP/Reuters)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook