Tautan-tautan Akses

Pesawat Tempur Saudi Lancarkan Serangan di Provinsi Saada


Kendaraan-kendaraan yang terbakar terlihat di sekitar sebuah pom bensin pasca serangan udara di kota Saada, Yaman (Foto: dok).
Kendaraan-kendaraan yang terbakar terlihat di sekitar sebuah pom bensin pasca serangan udara di kota Saada, Yaman (Foto: dok).

Pejabat bantuan PBB telah mendesak Arab Saudi agar menghentikan serangan terhadap bandara utama di Yaman, karena menghambat badan itu untuk menerbangkan pasokan di bandara yang rusak berat.

Gencatan senjata kemanusiaan selama lima hari akan dimulai Selasa (12/5) di Yaman, di mana koalisi yang dipimpin Arab Saudi melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Houthi.

Dengan gencatan senjata akan berlaku tiga hari lagi, pesawat tempur Arab Saudi menyerang target-target di provinsi Saada Jumat malam, setelah tenggat waktu bagi warga untuk keluar dari daerah itu habis.

Sementara konflik terus berkecamuk, Menteri Luar Negeri AS John Kerry menekankan pada pengumuman gencatan senjata itu bahwa perdamaian yang berkelanjutan di Yaman akan membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Konflik itu telah menyebabkan ribuan orang di Yaman kekurangan pasokan dasar. Pejabat bantuan PBB telah mendesak Arab Saudi agar menghentikan serangan terhadap bandara utama di Yaman, karena serangan udara telah menghambat badan itu untuk menerbangkan pasokan di bandara yang rusak berat.

Kerry mengatakan Yaman berada di tengah-tengah bencana kemanusiaan. Rekannya di Saudi juga menyatakan kebutuhan, meminta negara-negara untuk mengirim pasokan bantuan sebanyak dan secepat mungkin.

XS
SM
MD
LG