Minggu, 20 April 2014 Waktu UTC: 01:27

Berita / Dunia / Timur Tengah

Pesawat Tempur Israel Serang Pelabuhan di Suriah

Serangan jet -jet tempur Israel atas pelabuhan Latakia di Suriah itu dilakukan untuk menghancurkan misil-misil anti-kapal buatan Rusia milik Suriah.

Sebuah pesawat temput F-15 Eagle milik AU israel (foto: dok). Jet-jet Israel menyerang sasaran di sebuah pelabuhan Suriah hari Minggu 14/7.
Sebuah pesawat temput F-15 Eagle milik AU israel (foto: dok). Jet-jet Israel menyerang sasaran di sebuah pelabuhan Suriah hari Minggu 14/7.
UKURAN HURUF - +
Jet-jet tempur Israel menyerang pelabuhan Latakia di Suriah untuk menghancurkan misil-misil anti-kapal buatan Rusia. Kata pejabat Amerika ini adalah serangan Israel keempat atas sasaran-sasaran serupa di Suriah tahun ini.

Kata pejabat itu kepada jaringan televisi CNN dan harian New York Times, Israel menyerang pengiriman misil-misil itu tanggal 5 Juli, karena khawatir akan keselamatan kapal-kapal angkatan lautnya.

Laporan pers lokal mengatakan terjadi ledakan-ledakan kuat di Latakia pada tanggal itu, tapi tidak jelas apa yang terjadi dan siapa yang bertanggung-jawab. Israel tidak membantah ataupun membenarkan keterlibatannya dalam insiden itu.

Minggu lalu, menteri pertahanan Israel Moshe Yaalon menegaskan lagi bahwa Israel tidak akan terlibat dalam perang saudara di Suriah. Tapi ia juga memperingatkan bahwa Israel akan bertindak apabila penguasa Suriah memberikan senjata-senjata canggih kepada kelompok militan Hizbullah sekutunya.

Media Amerika melaporkan bahwa Israel juga menyerang Suriah bulan Januari dan Mei untuk menghancurkan apa yang disebutnya kiriman senjata dari Rusia dan Iran, yang dicurigai akan diberikan kepada kelompok militan Hizbullah di Lebanon.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Si Bodong dari: Semarang
22.07.2013 23:11
Si vis pacem para bellum???

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook