Tautan-tautan Akses

Taliban Pakistan Bergabung dengan Pemberontak Suriah


Tentara pemberontak Suriah mendapat bantuan dari kelompok Taliban Pakistan yang bergabung untuk menjatuhkan Presiden Bashar al-Assad (foto: dok).

Tentara pemberontak Suriah mendapat bantuan dari kelompok Taliban Pakistan yang bergabung untuk menjatuhkan Presiden Bashar al-Assad (foto: dok).

Taliban Pakistan telah mengirim ratusan anggotanya ke Suriah untuk berperang mendukung para pemberontak yang menentang Presiden Bashar al-Assad.

Menurut laporan yang diterima sejumlah kantor berita asing, strategi itu ditujukan untuk mengokohkan hubungan dengan kepimpinan pusat al-Qaida.

Lebih dari dua tahun sejak awal pemberontakan anti-Assad, Suriah telah menjadi magnet bagi para pejuang Sunni dari luar negeri yang datang ke negara itu untuk sengaja bergabung dalam apa yang mereka sebut perang suci melawan para penindas Syiah.

Bergabung bersama kelompok-kelompok militan seperti Barisan al Nusra, yang dianggap Amerika sebagai cabang al-Qaida, mereka umumnya berasal dari negara-negara didekatnya seperti Libia dan Tunisia yang dilanda konflik serupa sebagai akibat pergolakan dunia Arab.

Hari Minggu, para komandan Taliban di Pakistan mengatakan, mereka telah memutuskan untuk bergabung karena alasan yang sama. Mereka mengatakan, ratusan pejuangnya telah berangkat ke Suriah untuk berjuang bersama kalangan Mujahedeen melawan rezim Assad.

Pengumuman Taliban Pakistan ini diperkirakan banyak pengamat akan memperkeruh situasi di Suriah, di mana persaingan memanas antara Tentara Pembebasan Suriah dan kelompok-kelompok Islamis.
XS
SM
MD
LG