Minggu, 23 Nopember 2014 Waktu UTC: 19:52

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Pengadilan Tiongkok Menangkan Penduduk Desa yang Mengadu ke Beijing

Pengadilan Tiongkok telah memenangkan sekelompok penduduk desa dari propinsi Henan yang ditahan dalam kasus “penjara hitam”, Selasa (5/2).

Baju terlihat digantungkan di sebuah pintu masuk berwarna hijau di sebuah rumah batu bata, 5 Februari 2013. (AP Photo/Andy Wong). Rumah ini  di kalangan pemerintah Beijing dikenal sebagai "penjara hitam", yang dilaporkan sering dipergunakan oleh pejabat lokal untuk memenjarakan warga setempat secara ilegal.
Baju terlihat digantungkan di sebuah pintu masuk berwarna hijau di sebuah rumah batu bata, 5 Februari 2013. (AP Photo/Andy Wong). Rumah ini di kalangan pemerintah Beijing dikenal sebagai "penjara hitam", yang dilaporkan sering dipergunakan oleh pejabat lokal untuk memenjarakan warga setempat secara ilegal.
Pengadilan Tiongkok telah mengambil keputusan yang memenangkan sekelompok penduduk desa yang ditahan dalam apa yang disebut di Tiongkok “penjara hitam” setelah kelompk tersebut mengajukan keluhan kepada pemerintah pusat di Beijing.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan 10 orang didapati hari Selasa (5/2) bersalah menahan secara tidak sah penduduk desa dari provinsi Henan yang pergi ke pusat untuk mengadukan perlakuan tidak adil terhadap mereka. Pengadilan mengatakan para terdakwa secara tidak sah memenjarakan penduduk desa yang mengajukan petisi ke Beijing bulan April lalu.

Pengadilan menjatuhkan hukuman penjara terhadap mereka yang berkisar dari enam bulan hingga dua tahun, dengan mengatakan para terdakwa melanggar hak-hak pribadi penduduk desa yang mengajukan petisi ke Beijing itu. Pengadilan juga memerintahkan mereka membayar ganti rugi yang tidak disebut jumlahnya.

Organisasi-organisasi hak azasi mengatakan para pejabat setempat Tiongkok sering mempekerjakan agen-agen untuk menghambat orang  mengajukan keluhan ke Beijing, dalam usaha untuk menutupi pelanggaran. Penduduk desa yang mengajukan keluhan sering dipaksa pulang, kalau tidak, ditahan tanpa peradilan di sarana tahanan yang tidak legal yang dinamakan “penjara hitam.”
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook