Jumat, 01 Agustus 2014 Waktu UTC: 11:51

Berita / Iptek / Sains

Peneliti Michigan Ubah Lumut Jadi Minyak Mentah dalam 60 Detik

Para peneliti di Universitas Michigan menemukan cara mengolah lumut menjadi biofuel (bahan bakar biologis) dalam waktu kurang dari satu menit.

Para peneliti menumbuhkan lumut dalam tabung kaca di laboratorium Phil Savage di Universitas Michigan yang dapat diolah menjadi biofuel dalam waktu kurang dari satu menit (Photo: University of Michigan)
Para peneliti menumbuhkan lumut dalam tabung kaca di laboratorium Phil Savage di Universitas Michigan yang dapat diolah menjadi biofuel dalam waktu kurang dari satu menit (Photo: University of Michigan)
Dunia alam memerlukan jutaan tahun untuk mengubah benda organik kuno menjadi minyak mentah. Para insinyur kimia di Universitas Michigan melakukannya dalam waktu kira-kira satu menit.

Sekalipun banyak perusahaan sedang mengubah lumut menjadi biofuel atau bahan bakar biologis, proses Phil Savage berbeda. Dengan dukungan National Science Foundation, profesor Universitas Michigan itu bersama para mahasiswa doktoralnya menumbuhkan lumut dalam tabung kaca di laboratoriumnya. Dengan tidak mengeringkannya sebelum memperoleh minyak alamnya, mereka sebaliknya memasukkan lumut itu dalam silinder logam kecil bersama air dan merebusnya dalam tekanan udara yang tinggi pada suhu yang sangat tinggi.

Savage mengatakan hanya memerlukan waktu kurang dari 60 detik untuk menguraikan semua komponen lumut itu – bukan hanya minyak, tetapi juga gula dan protein yang dapat digunakan untuk energi bentuk lain.

Reaksi waktu singkat yang dibutuhkan untuk menciptakan biocrude atau minyak mentah biologis, dan ke-efisienan proses tersebut dapat membantu memotong ukuran dan biaya reaktor lumut-ke-energi, dan Universitas Michigan berharap untuk menyuling dan mengkomersialkan teknologi itu. 

Profesor Savage yakin biocrude lumut dapat menjadi energi biofuel alternatif yang menarik yang diambil dari jagung dan biomassa lain. Ia mengatakan bahwa sekalipun mobil sedang bergerak ke arah sumber tenaga alternatif seperti dinamo listrik dan cell hidrogen, mesin pesawat terbang akan membutuhkan bahan bakar cair untuk jangka waktu yang lama ke depan, dan biofuel lumut dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: ra dari: medan
08.11.2012 12:47
merebusnya dengan tekanan udara tinggi dan suhu tinggi ini memakai hukum kimia yang bagaimana ya..??semaksimal apakah biofuel ini dibandingkan minyak bumi...?


oleh: Supriyatna dari: Mataram, NTB
07.11.2012 23:49
ini berarti alam sebenarnya menyediakan energi buat manusia, hanya manusia mau tidak gunakan akalnya tidak hanya menghabiskan energi fosil. Dan Indonesia punya potensi pada hal ini ... bagaimana kita memulainya.


oleh: aby dari: jakarta
07.11.2012 05:16
saint yg sangat menarik sekali.... mengingat akan bahan bahan minyak yg semakin melambung tinggi nominal nya shg menyusahkan kita...

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook