Senin, 08 Februari 2016 Waktu: 11:00

    Berita / Gaya Hidup / Religi

    Paus Benediktus akan Letakkan Jabatan 28 Februari

    Vatikan mengumumkan bahwa Paus Benediktus akan meletakkan jabatan pada tanggal 28 Februari 2013 mendatang, Senin (11/2).

    Paus Benediktus memberikan sambutan saat misa Natal di  Gereja Basilica Santo Peter di Vatikan, 25 Desember 2012 (Foto: dok). Paus Benediktus akan meletakkan jabatannya tanggal 28 Februari 2013.
    Paus Benediktus memberikan sambutan saat misa Natal di Gereja Basilica Santo Peter di Vatikan, 25 Desember 2012 (Foto: dok). Paus Benediktus akan meletakkan jabatannya tanggal 28 Februari 2013.
    Paus Benediktus ke-16 telah mengumumkan pengunduran dirinya dari kepausan, menjadi paus pertama selama hampir 600 tahun yang mengundurkan diri dari jabatannya. 

    Seorang juru bicara Vatikan mengatakan, paus mengeluarkan pengumuman itu Senin pagi (11/2) dalam pertemuan dengan para kardinal. Kursi kepemimpinan gereja Santo Petrus akan kosong apabila paus mundur pada tanggal 28 Februari mendatang.

    Paus dalam pernyataannya menyebutkan bahwa ia telah berulangkali mempertimbangkan keputusannya tersebut. Paus Benediktus mengatakan, ia mundur karena kondisi fisiknya  telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir, hingga sampai pada tahap dimana ia harus mengakui ketidakmampuannya untuk melaksanakan tugasnya secara memadai.

    Dewan kardinal akan dipanggil untuk memilih paus baru. Pengunduran Benediktus menghadirkan kemungkinan bahwa ia akan mendampingi paus baru dalam menjalankan tugasnya.
    Forum ini telah ditutup.
    Urutan Komentar
    Komentar-komentar
         
    oleh: Mindar dari: Bogor
    12.02.2013 12:10
    Paus Benediktus seorang yang rasional, beliau mundur karena mempertimbangkan umur dan kesehatan juga memberikan pembelajaran kepada semua manusia bahwa jabatan di dunia tidaklah permanen apapun jabatannya.

    Ikuti Kami