Rabu, 25 Mei 2016 Waktu: 00:36

    Berita / Indonesia

    Patung dan Relief Bung Karno Lengkapi Koleksi Musium Istana Gebang Blitar

    Dua buah patung dan relief Bung Karno karya perupa Dukud Hendronoto melengkapi bekas rumah tinggal keluarga Bung Karno, yang kini menjadi Museum Istana Gebang milik Pemerintah Kota Blitar (10/11).

    Patung Soekarno karya perupa Dukud Hendranoto dipasang di depan Museum Istana Gebang, Blitar, Jawa Timur (VOA/Petrus Riski)
    Patung Soekarno karya perupa Dukud Hendranoto dipasang di depan Museum Istana Gebang, Blitar, Jawa Timur (VOA/Petrus Riski)
    Petrus Riski
    Sebuah patung manusia dewasa, patung setengah badan, serta relief yang manggambarkan sosok Soekarno, Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia, terpasang gagah di komplek Museum Istana Gebang di Kota Blitar, Jawa Timur.

    Sapto Aji, anak perupa Dukud Hendronoto pembuat patung dan relief Bung Karno tersebut mengatakan pemberian karya seni kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Blitar merupakan wujud kecintaan dan kebanggaan masyarakat akan sosok Soekarno yang merupakan pahlawan dan pejuang bangsa.

    “Ini sifatnya nasional ya, bahwa Soekarno itu bukan punya keluarganya saja, tetapi punya Republik Indonesia. Karena dia sebagai Proklamator bangsa Indonesia, jadi (ini) untuk bangsa Indonesia,” ungkap Sapto Aji.    

    “Terus terang kami (masyarakat Kota Blitar) sangat berterimakasih dan mengucap syukur, juga sekaligus merasa bangga terhadap Bung Karno dan Bung Hatta yang saat ini juga diberi gelar Pahlawan Nasional. Alhamdulillah patung ini juga diberikan dan dibuka pada hari ini tanggal 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan,” demikian kata Kepala Dinas Komonikasi, Informatika, Pariwisata dan Kebudayaan, Kota Blitar, Gatot Hari Siswanto.

    Sebagai pemilik Museum Istana Gebang, Pemerintah Kota Blitar menurut Gatot Hari Siswanto, akan berusaha menjaga serta melestarikan koleksi dan monumen patung Bung Karno dengan baik.

    “Terkait dengan pemberian patung Bung Karno dan ada beberapa relief Bung Karno, ini akan kami pakai, sebagai monumen disini, sebagai kota Budaya juga sebagai kota kebangsaan disini. (Patung) ini akan jadi koleksi Istana Dalem Gebang sini, (dan) akan (kami) rawat dengan baik,” tambah Hari Siswanto.

    Islan Gatot Imbata, juru kunci Museum Istana Gebang berharap dengan bertambahnya patung dan relief Bung Karno sebagai koleksi museum, para pengunjung akan banyak datang dan mengenal Proklamator dan Presiden pertama Indonesia Soekarno. "Semoga nanti akan menambah orang datang ke rumah Gebang ini," harap Islan Gatot Imbata.

    Lihat Juga

    Obama Bahas Isu HAM dan Pembangunan Ekonomi di Vietnam

    Presiden Amerika Barack Obama hari Selasa (24/5) melanjutkan lawatannya di Vietnam, menyinggung dua tema, yaitu pembangunan ekonomi dan HAM, dan mengatakan keduanya kerap saling berhubungan. Selengkapnya

    Tim Baru Berusaha Cegah Kebakaran Hutan di Indonesia

    Organisasi-organisasi di Indonesia kini bergabung untuk tugas besar mencegah kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kawasan itu diselimuti asap setiap tahun pada musim kemarau. Selengkapnya

    Dephan AS: Fallujah akan Direbut dari ISIS

    Pada awal serangan, pasukan pemerintah Irak membombardir pusat kota Fallujah, kubu terakhir militan ISIS di provinsi Anbar. Kota-kota besar lainnya di Anbar, termasuk Ramadi, telah direbut kembali. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami