Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Terus Mencari Solusi bagi Krisis Israel-Hamas


Presiden Barack Obama mengatakan, ia melakukan pembicaraan telepon dengan para pemimpin Timur Tengah untuk mencari solusi bagi krisis di Jalur Gaza (18/11).
Presiden Barack Obama mengatakan, ia melakukan pembicaraan telepon dengan para pemimpin Timur Tengah untuk mencari solusi bagi krisis di Jalur Gaza (18/11).

Di Bangkok, Presiden Barack Obama mengatakan ia terus berupaya merundingkan pemecahan bagi krisis antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Sebelum Presiden Obama tiba di Asia Tenggara, pejabat Gedung Putih mengatakan Obama melalui telepon berusaha dengan para pemimpin di wilayah itu untuk mencari solusi guna mengakhiri serangan roket Hamas terhadap Israel.

Dalam konferensi pers di ibukota Thailand, ia ditanya apakah operasi darat militer Israel ke Gaza akan membuat krisis semakin meningkat.

Presiden menyimpulkan pesannya kepada Presiden Mesir Mohamed Morsi dan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

Obama mengatakan, "Pesan saya kepada mereka adalah Israel berhak untuk berharap rudal- rudal tidak ditembakan ke wilayahnya. Jika itu dapat dicapai tanpa pengerahan pasukan militer ke Gaza, itu lebih baik. Tidak hanya lebih baik bagi rakyat Gaza, tapi itu juga diinginkan oleh Israel, karena jika pasukan Israel dikerahkan ke Gaza, maka ini jauh lebih berisiko menyebabkan kematian atau korban cedera."

Presiden Obama, bersama anggota tim kebijakan luar negerinya, termasuk Menteri Luar Negeri Hillary Clinton yang juga mendampingi Obama dalam lawatan ke Asia Tenggara, juga berbicara dengan para pemimpin Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para penasihatnya.

Dalam pidatonya di Bangkok, Obama mengatakan ingin melihat kemajuan dicapai dalam beberapa hari mendatang. Presiden menjelaskan pesan yang ia sampaikan kepada para pemimpin negara Mesir dan Turki.

"Mereka yang mendukung perjuangan bangsa Palestina harus mengakui bahwa jika kita melihat situasinya semakin memburuk di Gaza, maka kemungkinan kita kembali pada jalur perdamaian yang mengarah kepada solusi dua-negara akan semakin terus tertunda masa depannya," tambah Obama.

Selanjutnya, Obama mengatakan, jika para pemimpin regional serius ingin mengatasi situasi dan menciptakan proses perdamaian yang sungguh-sungguh antara Israel-Palestina, kata Obama, "dimulai dengan tidak ada lagi rudal yang ditembakkan ke wilayah Israel" untuk menciptakan ruang dalam menangani konflik yang sudah lama berlangsung.
XS
SM
MD
LG