Kamis, 18 September 2014 Waktu UTC: 19:42

Berita / AS

Kuliah Online Makin Marak di Amerika

Ide besar dalam pendidikan tinggi di Amerika saat ini adalah dengan makin maraknya kuliah massal yang dilakukan secara online.

Warga AS makin meminati kuliah online karena biayanya relatif murah dan waktunya lebih fleksibel.
Warga AS makin meminati kuliah online karena biayanya relatif murah dan waktunya lebih fleksibel.
Institut Teknologi Massachusetts (MIT) baru-baru ini memulai Massive Open Online Courses (MOOC) atau kuliah online terbuka massal yang perdana. Universitas itu berencana menawarkan berbagai mata kuliah non-kredit gratis melalui proyek yang disebut MITx.

Sejauh ini, kebanyakan mata kuliah yang ditawarkan secara online adalah ilmu komputer, teknologi, mekanika, dan enjinering. Contohnya, mahasiswa di seluruh dunia mengambil mata kuliah gratis yang disebut “Building a Computer Search Engine.” Dua ilmuwan komputer, Sebastian Thrun dan David Evans, menawarkan mata kuliah ini melalui udacity.com.
 
Evans cuti dari Universitas Virginia, di mana ia menjadi asisten guru besar. Thrun adalah guru besar peneliti pada Universitas Stanford dan sekaligus peneliti yang disponsori Google serta menciptakan mobil dengan kemudi otomatis.
 
Tidak ada persyaratan yang diberlakukan untuk mengambil mata kuliah itu. Mahasiswa menonton video-video pendek. Kemudian, ujar Evans, mereka ikut tes informal yang tidak diberi nilai setelah menonton video-video itu setiap minggu selama enam minggu.
 
“Tes-tes merupakan bagian dari mata kuliah itu untuk membuat mahasiswa terus terlibat dan berpikir, sehingga mereka bisa tahu apakah mereka paham dengan apa yang kami ajarkan. Tes-tes itu tidak dinilai dan mahasiswa bisa ikut tes-tes itu sesering yang mereka inginkan,” papar Evans.
 
Mereka bisa berulang kali menonton video-video itu dan ikut tes-tes kapanpun mereka ingin.
 
Mahasiswa juga diberi pekerjaan rumah. Mereka ikut dalam kelompok-kelompok online untuk saling bertukar pertanyaan dan jawaban mengenai mata kuliah itu.
 
Dosen menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan yang dikirim mahasiswa kepada mereka. Mereka juga memberi pertanyaan dan pengamatan terhadap mahasiswa.
 
Mahasiswa mengikuti ujian akhir untuk mengetahui peringkat mereka. Bagi yang selesai mengambil mata kuliah itu diberi nilai akhir dan diploma.
 
Thrun memulai Udacity, yang mendukung MOOC gratis. Udacity berharap bisa membuat keuntungan pada masa depan dengan menghubungkan perusahaan-perusahaan dan mahasiswa yang tertarik bekerja di perusahaan ini. Di situs internet Stanford-nya ia mengatakan ingin “mendemokratisasi” pendidikan. Pendidikan, ujarnya, harus gratis, bisa diperoleh semua orang di mana saja dan kapan saja.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Zainudin dari: Sumenep, Indonesia
04.04.2012 12:17
Ide yang bagus! Ini persis seperti yang selama ini saya impikan. Saya jadi penasaran untuk ikutan, cuman masalahnya saya belum mahir bahasa inggris. Apakah ada semacam solusi yang bisa memudahkan peserta? Atau mungkin kuliah online ini available in indonesian language? Mohon penjelasan.. Terima kasih!


oleh: yanikmora dari: medan
01.04.2012 15:14
begitulah seharusnya...yg kita harapkan...!!!


oleh: Ferry Dien dari: Indonesia
01.04.2012 08:10
Ide yang baik untuk dikembangkan di Indonesia. Mengingat kondisisi geografi Indonesia menyulitkan untuk transfer Ilmu pengetahuan dan Teknologi sampai ke daerah terpencil. ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang tidak merata sebarannya di Indonesia mungkin dapat diatasi dengan perluasan jaringan internet gratis bagi masyarakat sampai ke pelosok negeri. Dengan demikian siapapun dapat mengakses dan belajar sesuai dengan minat dan memperdalam ilmu yang mendukung profesinya.


oleh: ayub dari: depok
01.04.2012 07:53
pengen ikutan


oleh: kiki amaliah dari: bengkulu, Indonesia
01.04.2012 07:51
Great ! Tapi perlu bnyak pembenahan kalo kuliah online ini terjadi di Indonesia..mngkin msh bnyak pertanyaan2 dibenak saya, apakah efektif kuliah online ini ??


oleh: gorbacevh dari: indonesia
01.04.2012 07:19
i like this, where can i register?


oleh: ans dari: indonesia - timor
01.04.2012 01:20
saya mendukung program ini,sangat membantu orang individu,maupun kelompok agar ke depan dapat mendiri dalam hidup,mengurangi penganguran dan bahkan bisa menciptkan lapangan kerja yang baru.........lanjutkan program ini saya peribadi sangat stuju dan mendukung program ini.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook