Jumat, 19 Desember 2014 Waktu: 07:33

Berita / Indonesia

Kantongi Ijin Pemerintah, Mobil Rakitan ESEMKA Mulai Dipasarkan di Solo

Puluhan mobil ESEMKA karya para pelajar SMK dari 33 daerah di Indonesia dipamerkan di Solo (10/11). Beberapa diantaranya sudah mengantongi ijin pemerintah untuk diproduksi massal dan bersaing dengan mobil impor.

Beberapa mobil Rakitan ESEMKA sudah mengantongi ijin untuk diproduksi massal, dan siap dipasarkan (VOA/YudhaSatriawan)
Beberapa mobil Rakitan ESEMKA sudah mengantongi ijin untuk diproduksi massal, dan siap dipasarkan (VOA/YudhaSatriawan)
Yudha Satriawan
Sekitar 50 mobil bermerk ESEMKA dengan berbagai model dipamerkan di kawasan Solo Techno Park, Sabtu siang (10/11). Ribuan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK dari 33 daerah di Indonesia berkumpul dan meluapkan kegembiraannya karena mobil rakitan ESEMKA dinyatakan pemerintah layak diproduksi massal dan dijual.

Direktur Solo Techno Park, Gampang Sarwono, mengatakan pusat perakitan mobil ESEMKA di Solo Techno Park ini menjadi pusat industri mobil rakitan ESEMKA. Menurut Gampang, Solo Techno Park menargetkan memproduksi 100 mobil rakitan ESEMKA per bulan, dengan dana pengembangan awal sekitar 100 miliar rupiah.

“Yang ada di sini berbagai model, ada pick up, minitruck, ada sedan SUV, minivan, kemudian ada juga double cabin. Yang layak jual dan sudah mengantongi surat ijin produksi massal baru dua, yaitu jenis SUV Rajawali dan pick up BIMA," kata Gampang Sarwono. "Harga pick up berkisar antara 60-75 juta rupiah, yang SUV sekitar 130-140 juta rupiah. Kalau catatan yang ada di kita sudah ada sekitar 10 ribu pemesan mobil ESEMKA ini," lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar SMK perakit mobil tersebut, Anas Irwansyah, mengaku senang dan bangga mobil rakitan ESEMKA  bisa diproduksi massal dan dijual pada masyarakat.

“Ya ini, saya sedang membuat interior mobil ESEMKA yang jenis pick up BIMA. Saya bangga dan senang mobil rakitan ESEMKA ini sudah bisa diproduksi massal dan masyarakat bisa membelinya. Semoga mobil rakitan ESEMKA ini bisa diterima masyarakat dan produksinya lancar,” kata Anas Irwansyah.

Walikota Solo, Hadi Rudyatmo, yang meresmikan peluncuran dan pemasaran mobil ESEMKA di Solo Techno Park ini mengungkapkan mobil rakitan ESEMKA sudah menjalani berbagai uji standar kelayakan oleh pemerintah dan dinyatakan lulus. Menurut Rudy, mobil rakitan ESEMKA ini siap menjadi mobil nasional dan bersaing dengan mobil-mobil impor atau buatan luar negeri.

“(Dalam) Acara peluncuran atau launching ini, seluruh perijinan produksi mobil ESEMKA sudah kita selesaikan semua. Mulai dari uji emisi, uji tipe, ijin ke kementerian perindustrian, hingga ijin ke POLRI sudah kita tempuh, " kata Hadi Rudyatmo. "Hari ini adalah kebangkitan mobil nasional mulai dari awal peluncuran, produksi massal, hingga pemasaran mobil rakitan ESEMKA karya anak bangsa, para pelajar SMK,” lanjutnya.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: mochtar
11.11.2012 15:07
Esemka bila berhasil memasarkan unit2nya, sebaiknya segera mengirimkan pelajar2 untuk belajar design gambar prototipe mobil di rumah2 design mobil terbaik spt pininfarina untuk meningkatkan penjualan. Untuk menekan harga produksi masal dg manufacturing technology dapat melakukan temporary production sharing bersama misal Mercedes Benz, VW atau BMW seperti Tata India dan Skoda. Fokus sebaiknya untuk city car yang mungil dan cantik dengan mesin yg kecil seperty mini coopers, honda life, tata nano, vw polo. Minimal tiga prototipe mobil disiapkan, gambar artistik terlebih dahulu. Branding yang mendunia sangat penting.


oleh: Prana Djaya Rais dari: Tolitoli Sulteng
11.11.2012 08:25
Di peringatan Hari Pahlawan 10 November 2012 mobil SMK diluncurkan dan semoga menjadi berkah bagi bangsa ini.


oleh: dwi tirta bargain dari: jakarta
10.11.2012 21:49
inilah cikal bakal negri ini (indonesia) akan di segani di dunia industry

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook