Rabu, 23 Juli 2014 Waktu UTC: 23:44

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Beijing Tuduh Jepang Berusaha Rusak Citra Tiongkok

Sebelumnya pekan ini, Tokyo menuduh sebuah kapal perang Tiongkok membidikkan radar penarget senjatanya ke kapal Jepang dekat kepulauan Senkaku yang disengketakan.

Kapal pengintai Angkatan Laut Tiongkok (kanan) berpapasan dengan kapal penjaga pantai Jepang dekat kepulauan Senkaku yang dipersengketakan (4/2).
Kapal pengintai Angkatan Laut Tiongkok (kanan) berpapasan dengan kapal penjaga pantai Jepang dekat kepulauan Senkaku yang dipersengketakan (4/2).
Tiongkok telah menuduh Jepang berusaha menodai citra Beijing setelah Tokyo menuduh sebuah kapal perang Tiongkok membidikkan radar penarget senjatanya ke sebuah kapal Jepang dekat kepulauan yang disengketakan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan, Kamis, masalahnya bukan Tiongkok memamerkan kekuatan, tapi kapal-kapal dan pesawat-pesawat Jepang melakukan aktivitas ilegal yang melanggar kedaulatan wilayah Tiongkok di Laut Cina Timur.

Hua juga mengatakan, Tiongkok sedang menyelidiki keluhan Jepang mengenai sebuah kapal fregat Tiongkok yang baru-baru mengarahkan radar penarget senjatanya ke kapal Jepang.

Berbicara dalam sidang parlemen Jepang hari Rabu, Abe menyebut tindakan yang dituduh dilakukan Tiongkok itu berbahaya dan mengatakan itu dapat menimbulkan bentrokan yang tidak disengaja.

Pertikaian itu merupakan yang terbaru dalam sengketa yang telah berlangsung lama antara Jepang dan Tiongkok menyangkut kepemilikan sekelompok pulau di Laut Cina Timur. Kepulauan tidak berpenduduk itu -- yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok -- diketahui kaya akan ikan dan minyak.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook