Minggu, 21 September 2014 Waktu UTC: 12:06

Berita / Iptek / Sains

Angin Puting Beliung di AS Hantam 'Lorong Tornado'

Suatu daerah rentan terhadap tornado ketika udara dingin kering yang bergerak ke selatan dari Kanada bertemu udara lembab hangat dari Teluk Meksiko.

Gambar yang diambil oleh NASA menunjukkan sistem badai yang menimbulkan tornado F-4 di Moore, Oklahoma (20/5).
Gambar yang diambil oleh NASA menunjukkan sistem badai yang menimbulkan tornado F-4 di Moore, Oklahoma (20/5).

Multimedia

Tornado mematikan di negara bagian Oklahoma di Amerika Serikat bagian tengah menghantam daerah-daerah yang dikenal sebagai "Tornado Alley", atau Lorong Tornado, yaitu tempat-tempat terjadinya sebagian besar tornado di negara itu.

Lorong Tornado umumnya dilihat mencakup bagian utara sampai selatan dari South Dakota sampai Texas, antara Pegunungan Rocky dan Pegunungan Appalachian, namun tidak ada konsensus resmi mengenai batas-batas tersebut.

Wilayah ini rentan terkena tornado ketika udara yang kering dingin bergerak dari Kanada ke arah selatan dan bertemu dengan udara lembab hangat dari Teluk Meksiko dan udara kering hangat yang mengarah ke timur melintasi Rocky. Bentrokan udara dingin dan hangat ini menghasilkan hujan badai yang dahsyat, yang melahirkan tornado-tornado.

Pusat Perkiraan Badai pada Badan Cuaca Nasional menyatakan bahwa Lorong Tornado merupakan nama yang digunakan oleh media dan menekankan bahwa hal itu hanya mengindikasikan wilayah tempat sebagian besar tornado terjadi. Badan ini mengatakan tornado yang keras atau mematikan terjadi di luar Lorong Tornado setiap tahun dan dapat menghantam daerah mana saja di Amerika Serikat, serta Kanada dan negara lain.

Studi-studi menunjukkan bahwa angin puting beliung paling mematikan di AS terjadi di timur Lorong Tornado, di sebuah daerah yang dikenal dengan "Dixie Alley" (Lorong Dixie). Negara bagian Florida di selatan juga mengalami sejumlah besar tornado karena sering terjadinya hujan badai, namun biasanya lemah.

Torndao dapat terjadi kapan saja, namun sebagian besar terjadi pada Mei dan Juni pada sore hari sampai malam hari.

Pada 3 Mei 1999, kota Moore di Oklahoma yang dilanda tornado Senin, juga dilanda angin puting beliung mematikan. Angin itu termasuk dari lebih dari 70 tornado yang menghantam Oklahoma dan Kansas dalam 21 jam.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook