Rabu, 16 April 2014 Waktu UTC: 04:31

Berita / Gaya Hidup / Kesehatan

Aktif Secara Fisik dan Sosial Kunci Umur Panjang

Bukan rahasia lagi bahwa penduduk dunia semakin tua, bahkan di negara-negara berkembang. Itu sebabnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) merayakan ulang tahunnya tahun ini dengan fokus perhatian pada strategi untuk tetap sehat dan aktif.

Beryl O'Connor (80) menikmati waktu luangnya bermain kartu dengan teman-temannya yang juga telah lanjut usia di rumahnya di New Jersey.
Beryl O'Connor (80) menikmati waktu luangnya bermain kartu dengan teman-temannya yang juga telah lanjut usia di rumahnya di New Jersey.
UKURAN HURUF - +
Shelby Harris baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 111, 1 April, 2012 yang lalu. Apa rahasia umur panjangnya?
 
Shelbi mengatakan, "Saya mencoba hidup dengan baik. Saya berusaha  hidup dengan sebenarnya.  Saya mencintai semua orang dan saya ingin semua orang mencintai saya."
 
Menurut para ahli sikap positif seperti Harris itu adalah faktor panjang umur. Yang lainnya menunjukkan adanya hubungan dengan kecepatan  seseorang berjalan. Dokter mengatakan kecepatan berjalan merupakan cerminan dari seberapa baik sistem tubuh berfungsi. Apapun alasannya, Dr. Neil Buckholtz, dari Institut Nasional Penuaan Amerika, mengatakan pemerintah di seluruh dunia perlu mempersiapkan hal itu.
 
Selanjutnya Dr. Buckholtz , menyatakan “Populasi orang tua meningkat, tidak hanya di Amerika, tetapi di seluruh dunia. Kelompok masyarakat manula dengan pertumbuhan yang paling cepat di Amerika adalah mereka yang berumur di atas 85 tahun.”
 
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dalam lima tahun ke depan, jumlah orang yang berumur 65 tahun ke atas  akan melampaui jumlah anak di bawah usia lima tahun. Itu sebabnya fokus Hari Kesehatan Dunia tahun ini adalah bagaimana supaya tetap sehat pada usia lanjut.
 
Dr Enrique Vega mengkhususkan diri dalam perawatan orang tua di Organisasi Kesehatan Pan Amerika, yang merupakan bagian dari WHO, mengatakan, “Tidak ada hubungan antara usia  dan rasa sakit atau antara usia dan penyakit.”
 
Dr Vega menyimpulkan bahwa rasa sakit dan penyakit bisa diobati pada usia berapa pun. Dia mengatakan penuaan yang sehat disebabkan oleh hidup aktif secara sosial dan  juga aktif secara fisik.
 
Shirly Thompson, mungkin tidak bisa dikatakan muda lagi, usianya 75 tahun, namun dia masih bermain softball dengan teman-temannya  yang mayoritas berusia akhir  60-an dan pertengahan 70-an. Walaupun berusia lanjut, kelompok ini melakukan kedua factor untuk tetap sehat di usia senja mereka, aktif secara sosial dan fisik. Shirly Thompson, mengungkapkan, "Saya sakit encok pada jari- jari saya. Saya pikir bermain bola adalah latihan yang baik,  karena meringankan penyakit encok dan kaku."
 
Menurut Dr. Vega,  pemerintah perlu membantu para orang tua merawat diri mereka sendiri. "Adalah proses yang rumit untuk mengurus penyakit kronis dan untuk menghindari kecacatan. Oleh karenanya,  orang perlu mempersiapkan diri untuk itu," kata Dr. Vega.
 
Dr Vega mengatakan negara-negara juga perlu mengembangkan program kesehatan yang menargetkan orang tua untuk mengurangi biaya perawatan. Ia mengakui bahwa banyak negara belum siap sekarang, dan ini merupakan kelemahan utama.
Itulah sebabnya,  Organisasi Kesehatan Pan Amerika, dan juga keseluruhan badan WHO, memberikan perhatian pada hidup  aktif dan sehat bagi orang tua pada hari Kesehatan Sedunia tahun ini.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Reynold dari: Medan
13.04.2012 02:26
Cara yang mudah dan tidak repot untuk hidup sehat dan berumur panjang...

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook