Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Cabut Peringatan Tsunami untuk Pasifik Selatan


Titik pusat gempa di dekat kepulauan Solomon yang mengguncang wilayah ini, Rabu, 6 Februari 2013 (Grafik: REUTERS).
Titik pusat gempa di dekat kepulauan Solomon yang mengguncang wilayah ini, Rabu, 6 Februari 2013 (Grafik: REUTERS).

Pihak berwenang telah mencabut peringatan tsunami bagi Pasifik Selatan yang dikeluarkan pasca gempa-bumi kuat yang mengguncang kepulauan Solomon, Rabu (6/2).

Beberapa rumah dilaporkan telah hancur dihantam gempa berkekuatan delapan skala Richtter dan tsunami yang ditimbulkannya. Tidak ada yang cedera atau meninggal dilaporkan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tsunami setinggi 0,9 meter yang melanda Solomon kemungkinan telah mengakibatkan kehancuran di sepanjang pantai dekat pusat gempa. Tetapi, Pusat Peringatan Tsunami mencabut peringatan 'waspada' dan peringatan tsunami bagi daerah itu, setelah menempatkan sebagian kawasan Pasifik Selatan dalam keadaan waspada.

US Geological Survey mengatakan gempa awal terjadi dekat pulau-pulau Santa Cruz di kawasan Solomon pada kedalaman kira-kira enam kilometer. Dilaporkan terjadi getaran susulan berkekuatan 6,4 dan 6,6 SR.

Seismolog Dale Grant yang bekerja pada US Geological Survey Amerika memberitahu VOA gempa awal disusul oleh sedikitnya 14 getaran susulan yang berkekuatan lima atau lebih besar.

US Geological Survey mengatakan gempa awal terjadi dekat kepulausan Santa Cruz di Solomon pada kedalaman kira-kira enam kilometer.

Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas di kepulauan Santa Cruz. Pihak berwenang juga sedang menyelidiki laporan bahwa beberapa desa rusak atau dihancurkan di daerah yang sulit dicapai. Tidak jelas apakah korban tewas itu akibat gempa-bumi atau tsunami.

Recommended

XS
SM
MD
LG