Tautan-tautan Akses

Guinea Janji Lanjutkan Perang Melawan Korupsi


Presiden Guinea Alpha Conde berjanji untuk melanjutkan perang melawan korupsi, pasca terbunuhnya kepala keuangan negara itu (Foto: dok).
Presiden Guinea Alpha Conde berjanji untuk melanjutkan perang melawan korupsi, pasca terbunuhnya kepala keuangan negara itu (Foto: dok).

Presiden Guinea Alpha Conde menyatakan pemerintahnya akan terus melanjutkan perang melawan korupsi pasca terbunuhnya kepala keuangan negara itu, Aissatou Boiro, Jumat (9/11).

Presiden Guinea Alpha Conde menyatakan pemerintahnya akan melanjutkan perang melawan korupsi meskipun terjadi pembunuhan terhadap kepala keuangan negara itu. Conde mengemukakan dalam pernyataan Minggu malam bahwa Guinea telah melangkah jauh.

Aissatou Boiro tewas hari Jumat setelah ditembak oleh para penyerang tak dikenal yang mengenakan seragam militer sewaktu dalam perjalanan pulang ke rumah.

Conde mengangkat Boiro sebagai kepala keuangan negara di Afrika Barat itu delapan bulan silam. Para penyidik belum mengetahui motif di balik pembunuhannya.

Wartawan Guinea Mamadou Dian Balde, pemimpin redaksi surat kabar "Independent & Democrat", mengatakan kepada VOA bahwa Boiro sedang menyelidiki rencana pencurian uang dari kantor keuangan negara.

Uang dari kantor keuangan negara kerap dicuri semasa pemerintahan mantan pemimpin yang lama berkuasa Lansa Conte.

Presiden Conde berjanji akan mengakhiri korupsi sewaktu ia terpilih tahun 2010, dalam pemilihan presiden pertama yang bebas dan adil di negara itu sejak merdeka tahun 1958.

Recommended

XS
SM
MD
LG