Kamis, 18 September 2014 Waktu UTC: 23:45

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Biogas: Solusi Murah untuk Gantikan Gas

Pak Suharyanto (kiri), peternak kambing di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, memeriksa reaktor biogas yang sekaligus dijadikan sarana pengolahan pupuk organik (foto: VOA/Nurhadi).

18.09.2014
Rencana kenaikan berkala harga gas oleh pemerintah banyak membuat warga masyarakat resah, namun ada kelompok masyarakat yang mengatasinya dengan berpindah kepada pemanfaatan biogas. Selengkapnya

Australia Hadapi Masalah Sampah di Laut

Studi menunjukkan bahwa sampah yang paling umum ditemukan di lautan adalah plastik akibat pembuangan sampah sembarangan dan ilegal.

Indonesia Ratifikasi Perjanjian Asap Lintas Batas

Indonesia wajib menguatkan kebijakan-kebijakan, secara aktif berpartisipasi dalam pembuatan keputusan di wilayah dan mendedikasikan lebih banyak sumber daya.

Udara Memanas Robohkan Bidang Es di Antartika

Tim Ilmuwan mengatakan bahwa air lelehan dan hujan pada musim panas singkat di Antartika telah mengalir ke dalam retakan-retakan yang dalam.

WWF Desak Otoritas Aceh Serius Atasi Perburuan Gajah

Aktivis lingkungan dari organisasi Dana Margasatwa terkemuka dunia (WWF) melaporkan pekan ini, tiga ekor gajah ditemukan mati di provinsi Aceh.

Penting, Kepedulian Terhadap Ketahanan Energi di Indonesia

Indonesia harus melihat ketahanan energi sebagai isu menyeluruh, memastikan adanya koordinasi semua pihak terkait ketahanan energi dan menyediakan anggaran yang cukup. Inilah yang menjadi catatan utama para mahasiswa Indonesia dalam kunjungan studi mereka di Amerika.

Ilmuwan: Lapisan Ozon Mulai Pulih Kembali

Para ilmuwan mengatakan mulai pulihnya lapisan ozon tersebut menunjukkan bahwa krisis ekologi bisa diatasi jika masyarakat internasional bersatu.

Ratusan Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Bandang di Pakistan

Banjir tersebut, yang mulai di wilayah Himalaya antara kedua negara tanggal 3 September, telah mengalir ke dataran, yang mengenai lebih dari 1,5 juta orang di Pakistan.

PBB: Konsentrasi Gas Rumah Kaca Pecahkan Rekor Tahun Lalu

Dalam laporan tahunannya mengenai konsentrasi gas rumah kaca hari Selasa (9/9), Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan tingkat karbon dioksida antara tahun 2012 dan 2013 mencapai kenaikan tahunan terbesar sejak pencatatan global dimulai 30 tahun lalu.

4 Aktivis Perlindungan Hutan Dibunuh di Peru

Pria-pria dari komunitas Ashaninka itu dibunuh di daerah sangat terpencil sehingga kabar mengenai pembunuhan itu baru sampai ke pihak berwenang beberapa hari kemudian.

2 Gajah Sumatera Mati di Aceh, Gadingnya Hilang

Polisi menduga pemburu meracun makanan gajah dan menunggu mereka mati sebelum mengambil gadingnya

Pembangunan Pabrik Ancam Ekosistem Taman Nasional Baluran

Para aktivis lingkungan mengatakan pembangunan tersebut akan mengganggu wilayah jelajah satwa dan mempengaruhi kelangsungan hidup satwa.

Hakim AS: BP Lalai dalam Kasus Tumpahan Minyak 2010

Hakim AS mengatakan Kamis (4/9), perusahaan minyak British Petroleum (BP) sangat lalai dalam ledakan anjungan minyak tahun 2010 di Teluk Meksiko.

Pembiayaan Syariah Sasar Produk Ramah Lingkungan

Industri ini mulai menekankan tema-tema pertanggungjawaban sosial yang lebih luas, seeprti perlindungan lingkungan.

Harimau Sumatera Mati Setelah Diselamatkan dari Kebun Binatang Surabaya

Melani, harimau Sumatera berusia 16 tahun, mati setelah dirawat setahun di Taman Safari menyusul kepindahannya dari Kebun Binatang Surabaya.

Kemarau Panjang di California Picu Warga Gunakan "Dowsing"

Kekeringan berkepanjangan di California memicu banyak petani yang putus asa mencari bantuan lewat pseudosains atau ilmu semu bernama "dowsing".

Islandia Turunkan Tingkat Waspada Letusan Gunung Berapi

Pihak berwenang Islandia telah menurunkan tingkat peringatan yang sebelumnya dinaikkan ke tingkat tertinggi, setelah terjadi letusan gunung berapi di wilayah tengah negara itu.

Tanaman Langka di Hawaii Terancam Punah pasca 2 Badai Besar

Setelah hujan lebat dan angin kencang akibat dua badai besar, pakar botani Hawaii berharap tanaman langka di pulau-pulau itu tidak rusak. Negara bagian 'Aloha State' ini merupakan hunian tanaman asli yang unik dan melimpah.

Indonesia Berisiko Alami Kemunduran dalam Perlindungan Hutan

Indonesia telah membuat "kemajuan baik" dalam perencanaan perlindungan hutan, namun pergantian pemerintahan dan kelemahan hukum memberikan risiko serius.

Kebun Binatang Surabaya Terima Izin Lembaga Konservasi

Pemerintah Kota Surabaya menjamin perbaikan menyeluruh pada Kebun Binatang Surabaya, agar kembali menjadi kebun binatang kebanggaan kota.

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook