Tautan-tautan Akses

AS

Zion Harvey, Penerima Transplantasi Tangan Ganda Termuda


Penerima transplantasi tangan ganda, Zion Harvey tersenyum dalam sebuah konferensi pers di rumah sakit anak-anak di Philadelphia (28/7).

Penerima transplantasi tangan ganda, Zion Harvey tersenyum dalam sebuah konferensi pers di rumah sakit anak-anak di Philadelphia (28/7).

Operasi transplantasi tangan ganda untuk Zion Harvey (8 tahun), yang tangan dan kakinya diamputasi karena infeksi, berlangsung selama 10 jam di rumah sakit Philadelphia.

Sebuah rumah sakit AS mengumumkan bahwa seorang anak Amerika berusia delapan tahun telah menjadi pasien termuda di dunia yang menerima transplantasi tangan ganda.

Ahli bedah melakukan operasi selama 10 jam di Rumah Sakit Anak Philadelphia, untuk melaksanakan operasi yang sangat rumit terhadap Zion Harvey bulan ini, meskipun operasi tersebut tidak diberitakan sampai minggu ini.

Sebuah tim yang terdiri dari 40 orang tenaga medis, mengggunakan pelat baja dan sekrup untuk menyambung tulang lama dan baru, serta pembuluh darah. Setelah peredaran darah berjalan lancar, para ahli bedah menghubungkan tendon, otot dan saraf.

Keluarga donor (yang mendonasikan kedua tangan tersebut bagi Harvey) memilih agar nama mereka dirahasiakan.

Sebelumnya karena terkena infeksi, kedua tangan dan kaki Harvey harus diamputasi, dan ia menerima transplantasi ginjal. Harvey telah belajar makan, menulis dan bahkan bermain video game tanpa tangannya. Dia menggunakan kaki palsu yang memungkinkannya untuk berjalan, berlari dan melompat.

Dokter mengatakan Harvey akan menghabiskan beberapa minggu menjalani rehabilitasi fisik di rumah sakit, sebelum bisa kembali ke rumahnya di dekat kota Baltimore, Maryland. Operasi yang diterimanya akan membutuhkan obat penekan kekebalan tubuh seumur hidupnya, guna memastikan bahwa tubuh Harvey tidak menolak transplantasi kedua tangan barunya tersebut.

Beberapa orang dewasa di Amerika Serikat telah menerima transplantasi tangan ganda atau lengan ganda dalam beberapa tahun terakhir.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG