Tautan-tautan Akses

Yordania Buka Kamp Ketiga bagi Pengungsi Suriah


Satu keluarga pengungsi Suriah berjalan menuju kamp pengungsi Azraq yang baru dibuka di Yordania dekat perbatasan Suriah (30/4).

Satu keluarga pengungsi Suriah berjalan menuju kamp pengungsi Azraq yang baru dibuka di Yordania dekat perbatasan Suriah (30/4).

Yordania hari Rabu (30/4) membuka kamp pengungsi ketiga di tengah sebuah gurun pasir bagi puluhan ribu lagi warga Suriah yang mengungsi dari perang saudara di negara mereka.

Kamp pengungsi yang sangat luas itu – lengkap dengan tempat-tempat tinggal setengah permanen dan sebuah supermarket – dirancang untuk menampung hingga 130.000 rang dan mungkin merupakan kamp pengungsi yang terbesar kedua di dunia.

Kamp Azraq itu dibuka memasuki tahun ke-empat konflik di Suriah, yang telah mengakibatkan sekitar 40 persen dari kira-kira 23 juta penduduknya mengungsi dari tempat tinggal mereka.

PBB memperkirakan ada hampir 2,7 juta pengungsi Suriah – kebanyakan di negara-negara tetangga – dan 6,5 juta pengungsi lainnya yang masih berada di dalam Suriah.

Ribuan orang meninggalkan Suriah setiap hari demi menyelamatkan diri dari pembantaian berkelanjutan yang telah menewaskan lebih dari 150.000 orang dalam tiga tahun.

Tingginya arus pengungsi Suriah telah berdampak besar terhadap sumber daya dan stabilitas di negara-negara tetangganya. Yordania saat ini telah menerima 600.000 pengungsi Suriah yang terdaftar atau sekitar 10 persen dari jumlah penduduk Yordania. Para pejabat Yordania memperkirakan angka sebenarnya mungkin mendekati 1,3 juta pengungsi.

Lebanon – sebuah negara Arab yang kecil dan labil dengan populasi 4,5 juta – menerima lebih dari satu juta pengungsi terdaftar. Ini adalah konsentrasi per kapita tertinggi yang tercatat diseluruh dunia menurut badan pengungsi PBB UNHCR.
XS
SM
MD
LG