Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil dan Mortir di Suriah, 50 Tewas


Bom mobil meledak di kawasan permukiman sekte Alawit di kota Homs, menewaskan 36 orang Selasa (29/4).

Bom mobil meledak di kawasan permukiman sekte Alawit di kota Homs, menewaskan 36 orang Selasa (29/4).

Sedikitnya 50 orang tewas dalam serangan bom dan mortir di dua kota Suriah hari Selasa (29/4).

Di kota Homs yang terkepung, dua bom mobil meledak di kawasan permukiman yang mayoritasnya warganya dari sekte Alawit, sehingga menewaskan 36 orang. Seorang pejabat mengatakan pengeboman hari Selasa (29/4) itu juga melukai lebih dari 85 orang, kebanyakan warga sipil.

Sementara itu di ibukota, Damaskus, serangan mortir menewaskan paling sedikit 14 orang dan melukai lebih dari 85 lainnya di kawasan al-Shaghour. Polisi menyatakan beberapa mortir jatuh di dekat sebuah sekolah keagamaan dan sebagian murid menjadi korban.

Pemerintah Suriah menuding serangan di Damaskus itu dilakukan oleh “teroris”, istilah yang digunakan pemerintah terhadap pemberontak yang berjuang menyingkirkan Presiden Bashar al-Assad.

Juga Selasa, Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) menyatakan akan mengirim satu tim ke Suriah untuk menyelidiki tuduhan belakangan ini bahwa pemerintah menggunakan gas klorin dalam serangan terhadap kawasan pemberontak bulan ini.

Dalam pernyataannya, OPCW mengemukakan pemerintah Suriah telah menyetujui misi tersebut, dan akan memberi pengamanan di daerah-daerah yang berada di bawah kekuasaannya.
XS
SM
MD
LG