Tautan-tautan Akses

World Wide Web Berulang Tahun ke-20


Fisikawan Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web sebagai alat penting bagi Fisika Energi Tinggi di lembaga riset nuklir Eropa (CERN) dari 1989 sampai 1994. (Foto: Dok)

Fisikawan Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web sebagai alat penting bagi Fisika Energi Tinggi di lembaga riset nuklir Eropa (CERN) dari 1989 sampai 1994. (Foto: Dok)

Ketika fisikawan lembaga riset nuklir Eropa (CERN) Tim Berners-Lee menciptakan web, tidak ada yang mengira dampak besarnya pada kehidupan manusia.

Selamat ulang tahun WWW!

Sulit dipercaya, namun Internet publik, atau World Wide Web, berulang tahun ke-20 pada 30 April. Pada 30 April 1993, lembaga riset nuklir Eropa atau CERN mengumumkan bahwa teknologi itu akan tersedia dengan bebas untuk publik.

Teknologi itu kemudian menyebar ke seluruh dunia seperti kebakaran liar, dan sekarang sulit membayangkan aspek kehidupan kita yang tidak dipengaruhi Internet.

"Tidak ada sektor masyarakat yang belum bertransformasi karena teknologi yang ditemukan di laboratorium fisika tersebut," ujar Rolf Heuer, Direktur Jenderal CERN dalam pernyataan tertulis.

“Dari penelitian sampai bisnis dan pendidikan, web telah mengubah cara kita berkomunikasi, bekerja, berinovasi dan hidup. Web merupakan contoh dahsyat bagaimana penelitian dasar bermanfaat bagi kemanusiaan."

Web diciptakan oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee di CERN pada 1989, dan awalnya dibuat sebagai metode bagi ahli fisika di seluruh dunia untuk berbagi informasi.

Sebelum web ditemukan, informasi dibagi melalui Internet lewat cara yang kurang mudah bagi pengguna, seperti WAIS dan Gopher. Berners-Lee kemudian mengembangkan perangkat lunak web dengan komputer NeXT, yang diciptakan oleh salah satu pendiri Apple, Steve Jobs.

CERN memperingati ulang tahun web dengan sebuah proyek untuk memperbaiki laman atau website pertama dan "melestarikan aset-aset digital yang terkait dengan kelahiran web."

Untuk melihat laman pertama, klik di sini, sementara untuk mempelajari proyek tersebut, silakan klik di sini. (VOA)
XS
SM
MD
LG