Tautan-tautan Akses

WHO Setujui Penggunaan Vaksin Meningitis Untuk Bayi


Libyan forces allied with the U.N.-backed government fire weapons during a battle with Islamic State fighters in Sirte, Libya.
Libyan forces allied with the U.N.-backed government fire weapons during a battle with Islamic State fighters in Sirte, Libya.

Vaksin yang murah dan aman itu telah diberikan kepada lebih dari 215 juta orang dalam 15 negara di kawasan meningitis di sub-Sahara Afrika.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui vaksin meningitis A untuk digunakan pada bayi yang berusia kurang dari satu tahun di Afrika.

Vaksin itu, yang dinamakan MenAfriVac, telah sangat manjur sejak diperkenalkan empat tahun yang lalu dalam melindungi anak-anak dan orang dewasa yang berusia satu hingga 29 tahun.

Vaksin yang murah dan aman itu telah diberikan kepada lebih dari 215 juta orang dalam 15 negara di kawasan meningitis di sub-Sahara Afrika, tempat penyakit itu terjadi secara tetap di kawasan antara Senegal di barat hingga Ethiopia di timur.

Salah satu wabah yang paling dahsyat terjadi dalam tahun 1996-1997, ketika wabah meningitis A menginfeksi seperempat juta orang dan membunuh 25 ribu dalam beberapa bulan.

Tetapi, sejak penggunaan luas MenAfriVac pada 2010, terjadi penurunan dramatis dalam jumlah penderita dan ini memberi kekebalan “masyarakat’” di kalangan kelompok-kelompok yang tidak divaksinasi.

XS
SM
MD
LG