Tautan-tautan Akses

Warga AS Heningkan Cipta Kenang Korban Penembakan Connecticut


Bendera Amerika dan daftar korban penembakan massal menghiasi sudut kota Newtown, Connecticut (20/12). (Foto: AP)
Bendera Amerika dan daftar korban penembakan massal menghiasi sudut kota Newtown, Connecticut (20/12). (Foto: AP)

Presiden Barack Obama dan warga Amerika lainnya mengadakan acara mengheningkan cipta bagi para korban penembakan di Newtown, Connecticut.

Presiden Amerika Barack Obama dan warga Amerika lainnya mengheningkan cipta Jumat pagi (21/12), mengenang anak-anak dan orang dewasa yang tewas oleh pria bersenjata di Newtown, Connecticut, minggu lalu.

Lonceng gereja berdentang di Newtown dan di kota-kota lainnya di Amerika, para pelayat berdiri mengheningkan cipta sejenak.

Pihak berwenang mengatakan Adam Lanza membunuh ibunya, kemudian menuju sebuah sekolah dasar, membunuh 20 anak-anak dan enam orang dewasa sebelum ia bunuh diri.

Para penyelidik yakin Lanza membunuh ibunya sebelum pergi ke sekolah itu, dimana ia juga melakukan bunuh diri. Pihak berwenang sedang berusaha menetapkan motif serangan itu.

Penembakan massal itu telah memperbaharui perdebatan nasional mengenai pengawasan senjata dan kekerasan bersenjata. Hari Kamis, gugus tugas federal Amerika, yang dibentuk sebagai tanggapan atas penembakan itu, bertemu untuk pertama kalinya.

Wakil Presiden Joe Biden mengatakan kepada gugus tugas itu bahwa pemerintahan Obama bertekad untuk menemukan solusi dari kalangan pendidikan dan kesehatan jiwa, serta para ahli hukum terkait hak konstitusional warga Amerika untuk memiliki senjata.

Presiden Obama, hari Rabu, menyerukan kepada Kongres untuk memberlakukan kembali larangan atas senjata serbu yang habis masa berlakunya tahun 2004.
XS
SM
MD
LG