Tautan-tautan Akses

Wapres AS Tekankan Potensi Ekonomi Siprus


Wapres AS Joe Biden (kanan) bersama Presiden Siprus, Nicos Anastasiades di Nicosia hari Kamis (22/5).

Wapres AS Joe Biden (kanan) bersama Presiden Siprus, Nicos Anastasiades di Nicosia hari Kamis (22/5).

Wapres AS Joe Biden mengatakan pulau Siprus yang terbagi memiliki posisi unik untuk menjadi “pusat global” produksi gas alami.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden hari Kamis (22/5) berada di Siprus untuk lawatan pertama seorang pejabat tinggi Amerika dalam setengah abad ini.

Biden mengatakan, sejak penemuan cadangan gas alam di lepas pantai Siprus, negara itu berpotensi menjadi apa yang disebutnya “pemain utama” di kawasan Laut Tengah.

Biden mengatakan Amerika siap membantu Siprus menyelesaikan isu-isu politiknya. Katanya Siprus – yang terpecah antara etnis Yunani dan Turki sejak 1974 – sangat mungkin mencapai kesepakatan untuk “menyatukan” negara itu lagi menjadi “federasi dengan dua zona dan dua komunitas.” Tetapi ia tidak menjanjikan perubahan kebijakan Amerika dalam isu itu.

Komunitas internasional – termasuk Amerika – mengakui pemerintah Siprus etnis Yunani sebagai penguasa sah negara itu, dan hanya Turki yang mengakui pemerintah Siprus etnis Turki. Dalam referendum tahun 2004, warga Siprus etnis Yunani menolak usul untuk menyatukan dua komunitas negara pulau itu.
XS
SM
MD
LG