Tautan-tautan Akses

Volkswagen Akan Beli Kembali Kendaraan dalam Kasus Kecurangan Emisi


Logo VW di gedung peritel perusahaan Volkswagen di Berlin, Jerman.

Logo VW di gedung peritel perusahaan Volkswagen di Berlin, Jerman.

Perusahaan itu mengakui bahwa mereka menggunakan perangkat lunak untuk berbuat curang pada mobil-mobil bermesin diesel dan SUV untuk menurunkan kadar emisi dalam pengujian.

Produsen otomotif Jerman, Volkswagen diperkirakan akan mengatakan dalam sidang di pengadilan federal AS, Kamis (21/4), bagaimana mereka akan memberi kompensasi kepada para pemilik mobil dengan perangkat lunak ilegal agar dapat lolos dari uji-uji emisi.

Perusahaan itu menghadapi gugatan perdata setelah mengakui bulan September bahwa mereka memasukkan perangkat lunak untuk mencurangi uji emisi dalam mobil-mobil bermesin diesel dan kendaraan SUV yang dijual sejak 2009.

Pengujian menunjukkan bahwa mobil-mobil itu mengeluarkan emisi sampai 40 kali lebih tinggi dari standar pencemar yang diperbolehkan ketika berkendara.

Rincian rencana Volkswagen ini belum secara tuntas diketahui, termasuk berapa banyak yang akan diterima masing-masing pemilik mobil. Namun mereka yang diinformasikan mengenai perjanjian antara perusahaan dan para pejabat AS mengatakan Volkswagen akan membeli kembali dari hampir 600.000 mobil yang terkena, dan akan membayar para pemilik lebih dari US$1 miliar secara total.

Seorang hakim telah memberitahu Volkswagen untuk mengajukan rencana hari Kamis, dan ia masih dapat menyidangkan kasus tersebut. Perjanjian tidak termasuk rencana untuk memperbaiki mobil-mobil. [hd]

XS
SM
MD
LG