Tautan-tautan Akses

Pekerja VW Khawatir Kena PHK, Jika AS Kenakan Denda Besar


Mobil-mobil produksi Volkswagen dipamerkan di sebuah dealer VW di kota Boulder, Colorado (foto: dok).

Mobil-mobil produksi Volkswagen dipamerkan di sebuah dealer VW di kota Boulder, Colorado (foto: dok).

Serikat Pekerja Volkswagen berharap pihak berwenang AS akan mempertimbangkan kemungkinan berkurangnya lapangan pekerjaan di Amerika sebagai akibat dari denda besar-besaran.

Ketua Serikat Pekerja perusahaan otomotif Volkswagen (VW) di Amerika hari Selasa (8/3) berharap pihak berwenang AS akan mempertimbangkan kemungkinan berkurangnya lapangan pekerjaan di Amerika. Dampak PHK dikhawatirkan oleh karyawan VW kalau denda besar dikenakan pada perusahaan yang tersangkut skandal emisi pada mobil-mobil buatannya itu.

Denda yang akan dikenakan pada Volkswagen terkait skandal bulan September itu masih belum jelas. Januari lalu, Departemen Kehakiman Amerika menuntut Volkswagen atas skandal emisi yang ditemukan pada ratusan ribu mobil yang dijual di Amerika, yang mungkin bisa membuat Volkswagen dikenai denda milyaran dolar karena melanggar kebijakan udara bersih.

Perusahaan itu dan eksekutifnya juga bisa menghadapi tuntutan kriminal terpisah, karena gugatan class-actions atau secara rombongan yang disampaikan oleh para pemilik VW yang marah masih dalam proses. [em/ii]

XS
SM
MD
LG