Tautan-tautan Akses

Vietnam Tolak Stempel Visa di Paspor Baru Tiongkok


Paspor baru Tiongkok bergambar klaim atas wilayah sengketa, ditolak banyak negara, termasuk India, Filipina dan Vietnam (Foto: dok).

Paspor baru Tiongkok bergambar klaim atas wilayah sengketa, ditolak banyak negara, termasuk India, Filipina dan Vietnam (Foto: dok).

Pihak berwenang Vietnam mengeluarkan visa dalam lembaran kertas terpisah bagi pendatang dari Tiongkok sebagai penolakan atas klaim wilayah yang tertera pada paspor baru Tiongkok.

Pihak berwenang Vietnam menolak untuk menstempel visa pada paspor Tiongkok yang menampilkan peta yang menggambarkan pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Selatan sebagai wilayah Tiongkok. Sebagai gantinya, mereka mengeluarkan visa dalam lembaran kertas yang terpisah.

Kepala Komando Pengawal Perbatasan di Propinsi Quang Ninh, Vietnam Utara, yang berbatasan dengan Tiongkok mengatakan, Senin bahwa para pengawal perbatasan telah diinstruksikan untuk memberikan visa yang ditempelkan seperti itu untuk orang-orang Tiongkok yang memiliki paspor bergambarkan peta wilayah Tiongkok.

Ada kekhawatiran di kalangan pihak berwenang Vietnam bahwa dengan menstempel visa negara tersebut di paspor-paspor seperti itu, pemerintah secara tidak langsung mengakui klaim Beijing atas wilayah yang disengketakan itu.

Filipina juga memrotes peta dalam paspor Tiongkok yang menggambarkan sebagian besar Laut Cina Selatan sebagai wilayah Tiongkok.
XS
SM
MD
LG