Tautan-tautan Akses

Vietnam Desak Malaysia Bebaskan Warganya yang Senasib dengan Siti Aisyah


Doan Thi Huong dikawal polisi setibanya di Pengadilan Tinggi Shah Alam di Malaysia, 11 Maret 2019. (AP Photo/Yam G-Jun)
Doan Thi Huong dikawal polisi setibanya di Pengadilan Tinggi Shah Alam di Malaysia, 11 Maret 2019. (AP Photo/Yam G-Jun)

Vietnam telah mendesak Malaysia untuk membebaskan perempuan kedua yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara setelah seorang terdakwa lainnya, Siti Aisyah, asal Indonesia, dibebaskan pekan lalu.

Menlu Vietnam Pham Binh Minh mengajukan permohonan itu dalam pembicaraan telepon dengan rekan sejawatnya dari Malaysia, Saifuddin Abdullah, menurut sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs kementerian itu. Minh meminta Malaysia melangsungkan proses pengadilan yang adil dan membebaskan Doan Thi Huong.

Malaysia, Senin (11/3), membatalkan tuduhan pembunuhan terhadap terdakwa Siti Aisyah, yang kini telah pulang ke kampung halamannya.

Pengadilan terhadap Huang akan dilanjutkan, Kamis (14/3), dan jaksa penuntut diperkirakan akan menanggapi permohonan pengacara Huongagar pemerintah Malaysia membatalkan gugatan pembunuhan terhadap perempuan itu juga.

Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, bersama empat warga Korea Utara yang hingga kini masih dinyatakan hilang, dituduh membunuh Kim Jong Nam dengan agen saraf VX di sebuah bandara di Malaysia pada 2017. Kedua perempuan itu mengaku mereka telah ditipu untuk terlibat dalam aksi yang menurut mereka bagian dari acara banyolan TV realitas Korea. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG