Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Filipina dengan Pemberontak Berjalan Alot di Oslo


Ketua delegasi Filipina Alexander A. Padilladan berjabat tangan dengan Ketua Partai Demokratik Komunis Luis G. Jalandoni. (2/15).

Ketua delegasi Filipina Alexander A. Padilladan berjabat tangan dengan Ketua Partai Demokratik Komunis Luis G. Jalandoni. (2/15).

Perundingan antara delegasi Filipina dengan kelompok pemberontak di Oslo berlangsung dengan alot, tapi berhasil mencapai persetujuan mengenai jadwal perundingan.

Ketua delegasi Filipina bagi pembicaraan perdamaian dengan kelompok pemberontak mengatakan dirinya ingin bergerak secepat mungkin untuk mengakhiri pemberontakan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Dalam konferensi video dengan para wartawan di Manila, Selasa, Alexander Padilla mengatakan pembicaraan selama sepekan dengan para pemberontak di Oslo, Norwegia, berjalan alot tetapi berlangsung terbuka dan dilakukan dengan itikad baik.

Kedua pihak Senin malam mengumumkan persetujuan mengenai jadwal 18 bulan untuk merampungkan persetujuan luas mengenai reformasi sosial, ekonomi dan politik, dengan perjanjian perdamaian yang akan diselesaikan selambat-lambatnya pada bulan Juni 2012.

Padilla mengakui bahwa beberapa persoalan yang sulit masih harus diselesaikan, termasuk tuntutan pemberontak akan hak mereka untuk mengumpulkan apa yang disebut "pajak revolusi.”

XS
SM
MD
LG