Tautan-tautan Akses

Utusan AS Upayakan Mediasi Kemerdekaan Damai bagi Sudan Selatan


Utusan AS untuk Sudan, Princeton Lyman bersama Menlu AS Hillary Rodham (foto: dok.).

Utusan AS untuk Sudan, Princeton Lyman bersama Menlu AS Hillary Rodham (foto: dok.).

Princeton Lyman sedang dalam perjalanan ke Sudan untuk menghadiri upacara kemerdekaan Sudan Selatan 9 Juli di ibukota Juba.

Utusan Amerika untuk Sudan sedang dalam perjalanan ke negara itu untuk mengadakan pembicaraan yang bertujuan mengakhiri permusuhan antara pasukan dari Sudan Utara dan Sudan Selatan sementara Sudan Selatan bersiap-siap menyatakan kemerdekaan pekan depan.

Pernyataan Departemen Luar Negeri Amerika Sabtu mengatakan, Princeton Lyman akan menghadiri upacara kemerdekaan Sudan Selatan 9 Juli di ibukota baru, Juba.

Pernyataan itu mengatakan Lyman pertama ke Addis Ababa, di Ethiopia di dekatnya, di mana pembicaraan antara Sudan Utara dan Sudan Selatan sedang berlangsung sementara pertempuran melanda daerah-daerah perbatasan, termasuk Kordofan Selatan dan daerah Abyei yang kaya minyak.

Deparlu Amerika mengatakan, Lyman akan mendukung usaha di Addis Ababa untuk merundingkan diakhiriny kekerasan. Lyman juga akan berusaha memediasi persetujuan mengeNai masalah-masalah yang belum terpecahkan termasuk penggunaan bersama sumber alam, daerah-daerah perbatasan yang disengketakan, dan kewarganegaran, semua masalah penting bagi masa depan hubungan antara Sudan Utara dan Sudan Selatan.

Lyman, diplomat tertinggi untuk kawasan itu, menurut rencana juga akan mengunjungi Khartoum, ibukota Sudan, untuk bertemu dengan para pejabat di sana.

XS
SM
MD
LG