Tautan-tautan Akses

Sudan Utara, Selatan Bicarakan Berbagai Isu Menjelang Pemisahan


Pemimpin Sudan selatan, Jenderal Salva Kiir (kiri) dan Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir (foto: dok.).

Pemimpin Sudan selatan, Jenderal Salva Kiir (kiri) dan Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir (foto: dok.).

Presiden Sudan Omar al-Bashir dan pemimpin Sudan selatan Salva Kiir menghadiri pembicaraan di Addis Ababa, Ethiopia hari Senin.

Para pemimpin Sudan utara dan selatan bertemu di Ethiopia untuk membicarakan berbagai isu penting yang belum terselesaikan, sementara Sudan selatan sedang bersiap menyatakan kemerdekaan hari Sabtu.

Presiden Sudan Omar al-Bashir dan pemimpin selatan Salva Kiir menghadiri pembicaraan hari Senin di Addis Ababa, di mana keduanya berusaha menemukan solusi terkait pembagian sumber daya, daerah perbatasan yang disengketakan serta kewarganegaraan.

Pertemuan terjadi di tengah-tengah bentrokan selama berminggu-minggu di negara bagian Kordofan Selatan dan tetangganya Abyei, yang telah mengakibatkan terusirnya banyak orang dan memicu kekhawatiran terjadinya perang saudara baru di Sudan.

Bashir mengatakan ia memerintahkan militernya untuk tetap bertempur di Kordofan Selatan selama pemberontak beroperasi disana. Para pejabat militer Sudan selatan hari Minggu mengatakan bentrokan dapat meluas ke negara-negara bagian tetangga, seperti Blue Nike ke Darfur, kecuali jika gencatan senjata diberlakukan.

Sudan utara dan selatan berperang dalam perang sipil selama 21 tahun yang berakhir dengan kesepakatan damai tahun 2005. Seudan selatan memilih berpisah dari utara dalam referendum bulan Januari.

XS
SM
MD
LG