Tautan-tautan Akses

Uskup AS Minta Maaf Atas Gaya Hidup Mewah


Uskup Atlanta Wilton Gregory dalam sebuah misa di Atlanta, Georgia. (Reuters/Tami Chappell)

Uskup Atlanta Wilton Gregory dalam sebuah misa di Atlanta, Georgia. (Reuters/Tami Chappell)

Wilton Gregory menyatakan bahwa keuskupan akan mulai proses penjualan rumah mewah yang dibangunnya "jika itu adalah keinginan" Gereja dan penasihat lainnya.

Uskup Gereja Katolik Roma di Atlanta, AS, telah meminta maaf karena membangun rumah mewah senilai US$2,2 juta untuk tempat tinggalnya, langkah yang membuatnya menjadi sasaran cemoohan dan keluhan. Ia mengatakan akan menjual properti tersebut.

Uskup Wilton Gregory mengatakan ia tidak "menaruh perhatian pada tindakannya" setelah keuskupan menerima donasi $15 juta dari pengelola warisan Joseph Mitchell, keponakan penulis novel “Gone With The Wind”, Margaret Mitchell.

Paus Fransiskus telah mendesak para pejabat Katolik Roma untuk menjalani hidup yang lebih sederhana dan ia tidak mendiami apartemen dinas paus di istana Vatikan, melainkan tinggal di kompleks rumah tamu Gereja yang sederhana.

Vatikan memecat seorang uskup Jerman -- yang disebut "bishop of bling (uskup gemerlap)” – bulan lalu karena ia menghabiskan uang 31 juta euro ($43 juta) untuk tempat tinggalnya, yang termasuk bak mandi seharga 15.000 euro dan kapel pribadi yang menghabiskan biaya 2,9 juta euro.

Dalam edisi Senin (31/3) The Georgia Bulletin, surat kabar keuskupan Atlanta, Gregory menulis: "Meski para penasihat saya dan saya bisa menjustifikasi proyek ini secara fiskal, logistik dan kepraktisan, saya pribadi gagal meletakkan biaya ini dalam konteks integritas dan kredibilitas pastor dengan umat Tuhan di Georgia utara dan pusat."

Ia juga menulis dalam kolom surat kabar tersebut bahwa keuskupan akan mulai proses penjualan rumah "jika itu adalah keinginan" Gereja dan penasihat lainnya. (Reuters)
XS
SM
MD
LG