Tautan-tautan Akses

Paus Jual Sepeda Motor Harley Davidson Miliknya


Sepeda motor Harley Davidson di Springfield, Illinois. (Foto: Dok)

Sepeda motor Harley Davidson di Springfield, Illinois. (Foto: Dok)

Paus akan menjual Harley Davidson miliknya untuk menggalang dana bagi Caritas Roma, sebuah badan amal yang bekerja mewakili gereja.

Bertuliskan "Francesco" pada tangkinya, sepeda motor Harley Davidson Super Glide 1.585 cc yang akan dilelang untuk amal di Paris pada 6 Februari bukan milik orang biasa, tapi milik Paus Fransiskus.

Paus akan menjual Harley Davidson miliknya untuk menggalang dana bagi Caritas Roma, sebuah badan amal yang bekerja mewakili gereja, menurut badan lelang Bonhams, Senin (13/1).

Sepeda motor tersebut diberikan pada kepala Gereja Katolik Roma pada Juni 2013 untuk menandai ulang tahun ke-110 merek tersebut. Tidak jelas apakah paus memang mengendarainya.

"Saya kira jarak tempuhnya akan sangat terbatas," ujar Ben Walker, kepala divisi sepeda motor di Bonhams.

Sejalan dengan fokusnya pada kemiskinan dan pilihannya terhadap moda transportasi yang sederhana -- ia memakai kendaraan umum saat menjadi kardinal di Buenos Aires -- Paus Fransiskus mendonasikan sepeda motor itu pada Caritas.

Harley Davidson tersebut akan dilelang di Grand Palais di Paris. Dengan perkiraan nilai sekitar 12.000-15.000 euro ($16.400-$20.500), sepeda motor itu ditandatangani oleh Paus pada sebuah upacara khusus di Vatikan pada November. Sebuah jaket kulit Harley Davidson yang juga ditandatangani oleh Paus akan dijual segera setelah sepeda motor itu.

Hasil lelang akan digunakan untuk merenovasi hostel Don Luigi di Liegro dan dapur umum milik badan tersebut, yang ada di stasiun kereta Termini, pusat kota Roma. (Reuters)
XS
SM
MD
LG