Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Bantu Italia dalam Kasus Krisis Imigran


Ribuan imigran gelap Tunisia tiba di Ragusa, Italia, dengan kapal.
Ribuan imigran gelap Tunisia tiba di Ragusa, Italia, dengan kapal.

Uni Eropa memperkirakan lebih dari 5.000 imigran gelap dari Tunisia tiba dalam beberapa hari terakhir di pulau kecil Lampedusa di Italia.

Uni Eropa mengumumkan rencananya mengerahkan tim pejabat perbatasan ke Italia untuk membantu menangani arus imigran gelap dari Afrika Utara yang timbul akibat pergolakan politik di wilayah tersebut.

Komisaris Uni Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan dalam sebuah pernyataan, para ahli dari sebuah badan perbatasan, Frontex, akan tiba hari Minggu untuk membantu pihak berwenang Italia memproses para pendatang baru dan memberikan bantuan melalui udara dan angkatan laut untuk pengawasan perbatasan.

Uni Eropa memperkirakan lebih dari 5.000 imigran gelap dari Tunisia telah tiba dalam beberapa hari terakhir di pulau kecil Lampedusa di Italia, hanya 70 kilometer dari Tunisia. Mereka menunggu dipindahkan ke pusat penampungan di Italia.

Awal pekan ini, Menteri Dalam Negeri Italia Roberto Maroni mendesak Eropa untuk mengambil tindakan tegas untuk membendung masuknya imigran gelap. Ia mengatakan Italia membutuhkan dana kira-kira 135 juta dolar untuk mengatasi krisis itu.

XS
SM
MD
LG