Tautan-tautan Akses

Ribuan Imigran Tunisia Tiba di Sisilia, Italia Nyatakan Keadaan Darurat


Ribuan imigran Tunisia mendarat di Lampedusa (12/2), sebuah pulau di Laut Tengah milik Italia, yang lebih dekat ke Afrika Utara.

Ribuan imigran Tunisia mendarat di Lampedusa (12/2), sebuah pulau di Laut Tengah milik Italia, yang lebih dekat ke Afrika Utara.

Ribuan imigran itu menyelamatkan diri dari kerusuhan di Tunisia dan mendarat di sebuah Pulau Sisilia yang kecil di Italia.

Pemerintah Italia telah menyatakan darurat kemanusiaan setelah ribuan imigran yang menyelamatkan diri dari kerusuhan di Tunisia mendarat di sebuah Pulau Sisilia yang kecil.

Dalam sebuah pernyataan hari Sabtu, pemerintah mengatakan, keadaan darurat itu akan memungkinkan pejabat perlindungan warga Italia mengambil tindakan untuk membantu penduduk dari Afrika Utara itu.

Sejak bulan lalu, sekitar 2.000 imigran Tunisia telah membanjiri Lampedusa, sebuah pulau di Italia di Laut Tengah yang lebih dekat ke Afrika Utara daripada Italia. Pejabat-pejabat mengatakan, ratusan imigran tiba hari Sabtu.

Pejabat Italia mengatakan, mereka mulai menggunakan pesawat udara dan ferri untuk mengangkut imigran Tunisia itu ke pusat-pusat identifikasi di Pulau Sisilia.

Sementara itu, kantor berita resmi Tunisia, TAP mengatakan, satu orang tewas dan lainnya hilang setelah sebuah perahu motor yang mengangkut 12 imigran tenggelam di pantai Afrika utara itu Sabtu pagi. Kantor berita itu mengatakan, tiga pria lainnya dari perahu motor itu dilarikan ke rumah sakit.

XS
SM
MD
LG