Tautan-tautan Akses

Ukraina Tunda KTT Setelah Boikot oleh Para Pemimpin Eropa


Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko yang dipenjara, menunjukkan luka-luka yang dialaminya di penjara Kachanivska di Kharkiv, Ukraina (27/4).

Mantan PM Ukraina, Yulia Tymoshenko yang dipenjara, menunjukkan luka-luka yang dialaminya di penjara Kachanivska di Kharkiv, Ukraina (27/4).

Beberapa pemimpin Eropa menyatakan tidak akan hadir untuk memprotes perlakuan pemerintah Ukraina terhadap mantan PM Yulia Tymoshenko yang dipenjarakan.

Ukraina telah menunda KTT para pemimpin Eropa Tengah dan Timur yang direncanakan, setelah beberapa pemimpin menyatakan tidak akan hadir untuk memprotes perlakuan pemerintah Ukraina terhadap mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko yang dipenjarakan.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan KTT itu akan diselenggarakan pada waktu yang diundur karena ketidakbisaan hadir sejumlah pemimpin negara Eropa.

KTT itu dijadwalkan berlangsung di Yalta pada Jumat dan Sabtu.

Sekitar 10 pemimpin Uni Eropa mengatakan mereka tidak akan hadir, termasuk Presiden Jerman Joachim Gauck dan Presiden Cheko Vaclav Klaus.

Jerman selama ini dikenal sebagai negara di Eropa yang paling bersikap keras menentang dalam kasus Tymoshenko, yang telah melakukan aksi mogok makan selama dua pekan setelah mengatakan ia dipukuli para penjaga.

Tymoshenko memerlukan perawatan medis untuk gangguan punggung yang menurut para dokter Jerman tidak bisa dilakukan di Ukraina. Ukraina telah menolak mengizinkan Tymoshenko pergi ke Jerman untuk pengobatan itu, namun sepakat mengizinkan seorang dokter Jerman merawatnya di sebuah rumahsakit Ukraina.
XS
SM
MD
LG