Tautan-tautan Akses

Ukraina Bersiap-Siap Merebut Kembali Donetsk di Timur


Pemberontak pro-Rusia mengendarai tank mereka di Donetsk.

Pemberontak pro-Rusia mengendarai tank mereka di Donetsk.

Dewan Pertahanan Ukraina mengatakan persiapan sedang dilakukan untuk merebut kembali kota Donetsk yang dikuasai pemberontak di Ukraina timur, basis terakhir separatis pro-Rusia yang bersenjata berat yang sedang memperjuangkan otonomi dari Kyiv.

Juru bicara pertahanan Andrily Lysenko tidak memberi keterangan lebih jauh. Tetapi, ia mengatakan militer telah membuka jalur kemanusiaan bagi penduduk kota untuk mengungsi dari daerah serangan yang direncanakan dan bahwa pemerintah akan membantu pengungsi mendapatkan tempat tinggal sementara.

Ketika Lysenko berbicara hari Senin, Moskow, yang telah menuntut penghentian serangan ke dekat perbatasannya, melancarkan unjuk kekuatan militer besar-besaran tidak jauh di dalam wilayah Rusia. Pihak berwenang Rusia mengatakan operasi militer 5-hari itu akan melibatkan 100 pesawat terbang, helikopter dan persenjataan anti-pesawat terbang.

Ukraina, Washington dan sekutunya di Eropa menuduh Moskow mempersenjatai pemberontak dan memberi mereka persenjataan misil yang digunakan untuk menembak jatuh pesawat penumpang Malaysia bulan lalu.

XS
SM
MD
LG