Tautan-tautan Akses

Turki Sambut Baik Seruan Gencatan Senjata Pemberontak Kurdi


Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan menghentikan operasi terhadap pemberontak Kurdi jika mereka berhenti berperang (foto: dok).

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan berjanji akan menghentikan operasi terhadap pemberontak Kurdi jika mereka berhenti berperang (foto: dok).

PM Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik seruan perdamaian dari pemimpin pemberontak Kurdi yang sedang dipenjara, Abdullah Ocalan.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan militer negaranya akan menghentikan operasi terhadap pemberontak Kurdi jika mereka berhenti berperang.

Erdogan mengeluarkan pernyataan itu kepada wartawan hari Kamis, yang meningkatkan harapan bahwa pemberontakan selama tiga dasawarsa akan dapat diakhiri.

Sebelumnya, seorang legislator Kurdi membacakan surat dari Ocalan yang menyatakan sudah waktunya perang dihentikan dan melakukan penyelesaian politik.

Seraya menyambut apa yang ia sebut sebagai era baru, Ocalan mengatakan waktunya telah tiba bagi pemberontak bersenjata Kurdi untuk ditarik keluar perbatasan Turki.

Seruan gencatan senjata itu kemungkinan besar akan mendapat imbalan otonomi yang lebih besar bagi warga Kurdi di Turki dan pembebasan warga Kurdi dari penjara-penjara Turki.

Untuk menunjukkan iktikad baik, para pemberontak Kurdi baru-baru ini membebaskan delapan warga Kurdi yang mereka tawan di Irak Utara.

Warga Kurdi berjuang untuk mendapatkan otonomi di bagian tenggara Turki. Pemerintahan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan telah mengabulkan beberapa hak baru mengenai bahasa untuk mereka, di antaranya stasiun televisi berbahasa Kurdi.
XS
SM
MD
LG