Tautan-tautan Akses

Trump Usulkan Rencana Ekonomi untuk Warga Kulit Hitam


Calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik, Donald Trump saat berkampanye di bandara Kinston, North Carolina, 26 Oktober 2016 (Foto: REUTERS/Carlo Allegri).

Calon presiden Amerika Serikat dari partai Republik, Donald Trump saat berkampanye di bandara Kinston, North Carolina, 26 Oktober 2016 (Foto: REUTERS/Carlo Allegri).

Calon presiden partai Republik Donald Trump mengusulkan serangkaian rencana ekonomi untuk membantu warga kulit hitam Amerika, populasi yang menurut jajak pendapat banyak mendukung saingannya, kandidat dari partai Demokrat, Hillary Clinton.

Dalam pidato hari Rabu (16/10) di Charlotte, North Carolina, Trump membeberkan rencana untuk mempermudah wiraswastawan kulit hitam Amerika dalam mendapatkan pinjaman, dan memungkinkan kota-kota menyatakan daerah-daerah kumuh mereka sebagai kawasan bencana agar daerah itu dapat dibangun kembali.

Trump menyampaikan kepada hadirin yang sebagian besar adalah warga kulit putih bahwa “terlalu banyak warga kulit hitam yang tertinggal.”

Sebelumnya, Trump berada di Washington untuk meresmikan hotel terbarunya tidak jauh dari Gedung Putih. Clinton mengritik Trump yang ia sebut lebih memperhatikan bisnisnya daripada kampanyenya.

Tetapi Trump mengatakan ia berhak menghadiri acara tersebut, dan mempertanyakan mengapa tak seorang pun yang mengritik Clinton karena menghadiri konser Adele hari Selasa.

Trump juga mengatakan Rabu bahwa ia telah mengeluarkan 100 juta dolar dari kantong sendiri untuk kampanyenya dan siap berkontribusi lebih banyak lagi jika perlu.

Dengan kampanye yang memasuki masa dua pekan terakhir, Kampanye Clinton telah mengeluarkan lebih banyak uang daripada Trump dengan selisih lebih dari 2 berbanding 1.

Laporan yang diajukan kedua kandidat kepada pemerintah Amerika menunjukkan bahwa Clinton telah menggalang hampir 950 juta dolar dan sekarang memiliki dana tunai sekitar 178 juta dolar untuk iklan di televisi dan upaya mengajak pemilih agar memberikan suara dalam hari-hari terakhir menjelang pemilu. Kampanye Trump telah menggalang sekitar 449 juta dolar dan dana tunai 97 juta dolar.

Laporan pemerintah menunjukkan bahwa 25 kandidat presiden Amerika, baik yang berasal dari partai Demokrat, Republik dan partai-partai kecil lainnya, menggalang lebih dari 1,2 miliar dolar sumbangan langsung untuk kampanye mereka, sebagian besar mulai dikumpulkan pada akhir 2014 atau tahun lalu. Komite-komite independen telah menggalang ratusan juta dolar lainnya untuk mendukung kampanye mereka.

Sementara itu, para kandidat untuk Senat dan DPR Amerika telah menggalang 1,4 miliar dolar untuk dana kampanye mereka. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG