Tautan-tautan Akses

Trump Unggul dalam Jajak Pendapat untuk Kaukus di Nevada


Kandidat Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump, unggul dalam jajak pendapat untuk kaukus di Nevada (Foto: dok).

Kandidat Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump, unggul dalam jajak pendapat untuk kaukus di Nevada (Foto: dok).

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Donald Trump unggul atas semua penantangnya dengan 40 persen dukungan sementara Senator Marco Rubio dan Ted Cruz bersaing lebih ketat untuk meraih kedudukan kedua.

Setelah memenangkan pemilihan pendahuluan kontestan calon presiden Amerika di timur laut dan tenggara, milyarder Donald Trump tampaknya bakal menang di bagian barat Amerika Serikat dalam kaukus atau pemungutan suara para aktivis partai Republik di negara bagian Nevada hari ini.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan Trump unggul atas semua penantangnya dengan 40 persen dukungan sementara Senator Marco Rubio dan Ted Cruz bersaing ketat lagi untuk meraih kedudukan kedua dengan 20 persen dukungan bagi masing-masing.

Hasil yang baik di Nevada akan memberi kontestan momentum menuju pemilihan berikut pekan depan yang disebut "Super Tuesday" ketika 12 negara bagian akan sekaligus mengadakan pemilihan pendahuluan pada hari yang sama. Pada saat itu, sepertiga dari jumlah negara bagian sudah mengadakan pemilihan pendahuluhan atau pemungutan suara memilih calon mereka.

Rubio, yang tidak seperti Cruz dan Trump karena belum memenangkan satupun negara bagian, memperoleh dukungan dari para tokoh kawakan partai Republik di Nevada, termasuk Senator yang pernah lama memegang jabatan dan mantan calon presiden Bob Dole. [gp]

XS
SM
MD
LG