Tautan-tautan Akses

South Carolina, Nevada Adakan Pemilihan Pendahuluan Sabtu


Donald Trump (kiri) dan Ted Cruz dalam debat kandidat Capres partai Republik di Manchester, N.H. (foto: dok). Trump dan Cruz bersaing ketat di South Carolina.

Donald Trump (kiri) dan Ted Cruz dalam debat kandidat Capres partai Republik di Manchester, N.H. (foto: dok). Trump dan Cruz bersaing ketat di South Carolina.

Pemilih AS di dua negara bagian akan memperjelas arah kampanye kepresidenan bagi partai Demokrat dan Republik hari Sabtu (20/2) besok.

Pemilih di dua negara bagian akan memperjelas arah kampanye kepresidenan di arena Demokrat dan Republik Sabtu, sementara persaingan memperebutkan Gedung Putih semakin gencar. South Carolina menyelenggarakan pemilihan partai Republik sementara Nevada kaukus Demokrat.

Menjelang pemilihan South Carolina, pertikaian kandidat Donald Trump dan Paus Fransiskus tentang pembangunan dinding perbatasan Meksiko dan Amerika telah memicu kontroversi.

Dalam penerbangan pulang ke Roma menyusul lawatannya minggu ini ke Meksiko, Paus, ketika menanggapi pertanyaan reporter, mengatakan, orang yang bermaksud membangun dinding, dan “bukan membangun jembatan, bukanlah seorang Kristen.” Trump menyerukan pembangunan sebuah dinding di antara ke dua negara.

Sebagai tanggapan terhadap komentar Paus itu, mula-mula Trump menyebutnya “memalukan,” tetapi kemudian mengatakan, dia sangat menghormati Fransiskus, dan mungkin Paus diberi “informasi salah” tentang rencana perbatasan itu.

Trump masih memimpin di kalangan pemilih Republik di seluruh negara. Sebuah poll oleh Quinnipiac University memperoleh temuan, Trump memimpin pesaing terdekatnya, senator Flordia Marco Rubio, 39 lawan 19 persen. Marco Rubio minggu ini menerima dukungan dari gubernur South Carolina Nikkie Haley.

Sementara itu di pihak Demokrat, mantan menlu Hillary Clinton dan senator Vermont Bernie Sanders bersaing ketat di Nevada. Poll oleh Quinnipiac University yang dirilis Rabu memperoleh temuan, Clinton memimpin tetapi selisihnya tipis, 44 persen lawan 42 persen untuk Sanders di seluruh negara. [jm]

XS
SM
MD
LG