Tautan-tautan Akses

Trump Ramalkan Pembicaraan Yang Menarik Tapi Sulit dengan Presiden China


Foto kombinasi dua pemimpin dunia (dari kiri): Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.
Foto kombinasi dua pemimpin dunia (dari kiri): Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Presiden Donald Trump mengadakan pertemuan pertamanya dengan Presiden China Xi Jinping pada hari Kamis di tempat peristrahatan presiden di Mar-a-Lago, Florida. Pembicaraan mereka mungkin tidak akan sehangat cuaca di wilayah selatan Amerika Serikat itu.

Presiden Trump meramalkan tatap muka pertamanya dengan Presiden China lewat Twitter dengan mengatakan pertemuan itu akan berisi pembahasan yang "sangat sulit," karena AS tidak bisa lagi memiliki defisit perdagangan yang sangat besar dan kehilangan lapangan kerja.

Pada pertemuan di Gedung Putih, Trump mengatakan kepada para produsen yang berbasis di AS bahwa mereka akan tertarik melihat pertemuannya di Florida dengan Xi Jinping.

"Saya tidak sabar untuk bertemu dengan dia dan delegasinya. Dan kita lihat apa yang akan terjadi," kata Trump.

Pemimpin China kemungkinan tidak akan datang dengan tangan kosong, kata Yun Sun dari Stimson Center, pusat penelitian kebijakan untuk memecahkan ancaman terbesar bagi keamanan dan kesejahteraan di dunia.

"Saya meramalkan China akan mengirimkan Xi ke sini dengan paket kado yang cukup besar dan murah hati, dalam hal investasi infrastruktur domestik di Amerika Serikat, dan membantu Presiden Trump untuk menciptakan lapangan kerja yang telah dia janjikan kepada para pemilih," kata Yun Sun.

Beberapa pengamat China, seperti Scott Kennedy di Pusat Kajian Strategis dan Internasional, mengingatkan bahwa tidak semuanya bisa berjalan sesuai rencana.

"Sesuatu yang gila bisa terjadi secara tak terduga, tentu saja. Kita tahu satu cuitan bisa mengubah arah pertemuan sampai batas tertentu. Tapi saya menduga kita akan ... Ini akan menjadi banyak keluhan tanpa banyak negosiasi, khususnya, dan kemudian China akan pulang dengan gelisah, cemas dan akhirnya akan terjadi sesuatu yang biasanya buruk," kata Scott Kennedy.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mencatat beberapa "masalah besar" antara Amerika Serikat dan China.

Trump Sees 'Interesting,' 'Difficult' Talks With China's Xi
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:23 0:00

"Semuanya dari Laut Cina Selatan ke perdagangan ke Korea Utara. Ada isu-isu besar terkait keamanan nasional dan ekonomi yang perlu dibahas. Dan saya pikir akan ada banyak materi pembahasan selama dua hari mereka berbicara."

Presiden Trump telah membuat komentar yang bertentangan tentang kebijakan "satu China" yang ditetapkan Beijing dan pembicaraan tentang masalah tersebut akan diamati dengan cermat di Amerika dan di seluruh kawasan Pasifik.

China menganggap Taiwan provinsi yang membangkang dan kebijakan itu tidak bisa dirundingkan. [as/ab]

XS
SM
MD
LG