Tautan-tautan Akses

TNI AL Temukan Tanker yang Dibajak Awak Kapal

  • Associated Press

Kapal tanker Singapura berlabuh di pelabuhan Klang di Malaysia. (Foto: Ilustrasi)

Kapal tanker Singapura berlabuh di pelabuhan Klang di Malaysia. (Foto: Ilustrasi)

Perusahaan pemilik kapal, Vierlines Asia Group, mengatakan ada sengketa antara penyewa kapal dan awak kapal ketika janji pembayaran bonus tidak dipenuhi.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut hari Kamis (25/8) telah menemukan kapal tanker bahan bakar yang hilang seminggu setelah dibajak dari pelabuhan oleh awaknya sendiri.

TNI AL mengatakan dalam pernyataan bahwa MT Vier Harmoni dan 10 awak Indonesia ditemukan di lepas pantai Kalimantan Barat. Tanker sepanjang 53 meter itu dikawal ke Tanjung Pinang, Riau, untuk penyelidikan lebih jauh.

Vier Abdul Jamal, kepala eksekutif perusahaan pemilik kapal, Vierlines Asia Group, mengatakan ada sengketa antara penyewa kapal dan awak kapal ketika janji pembayaran bonus tidak dipenuhi.

Tanker itu menghilang dari pelabuhan di Malaysia selatan pada 16 Agustus dan pihak berwenang di sana awalnya mengira kapal itu diambil bajak laut. Alat pelacaknya telah dipadamkan.

TNI AL mengatakan pihaknya telah mengerahkan kapal-kapal perang, sebuah pesawat patroli marinir dan sebuah helikopter untuk menemukan tanker tersebut, yang membawa sekitar 900.000 liter solar.​ [hd]

XS
SM
MD
LG