Tautan-tautan Akses

Tiongkok: Pembelian Pulau Sengketa Oleh Jepang Ilegal


Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi berpidato di hadapan Majelis Umum PBB (27/9).

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Yang Jiechi berpidato di hadapan Majelis Umum PBB (27/9).

Dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB, Kamis (27/9), Menlu Tiongkok, Yang Jiechi, mengatakan pembelian pulau sengketa oleh Jepang melanggar kedaulatan Tiongkok

Menteri Luar Negeri Tiongkok mengatakan pembelian pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur oleh Jepang merupakan tindakan ilegal dan tidak sah.

Dalam pidatonya Kamis malam kepada Majelis Umum PBB, Yang Jiechi mengatakan pembelian oleh Jepang itu melanggar terang-terangan kedaulatan Tiongkok. Ia mengatakan pembelian itu tidak dapat mengubah fakta sejarah bahwa Jepang mencuri pulau-pulau tersebut dari Tiongkok.

Jepang membeli pulau-pulau itu, yang bernama Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok, dari pemilik swasta Jepang bulan ini. Walaupun Tokyo mengatakan tindakan itu dimaksudkan untuk membantu mengelola sengketa, tindakan tersebut menimbulkan kemarahan Beijing dan demonstrasi anti-Jepang dengan kekerasan di seluruh Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Yang Jiechi hari Kamis (27/9). Dalam pertemuan itu, Clinton menganjurkan agar kedua pihak tetap berkepala dingin dan agar sengketa itu diselesaikan secara damai.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG