Tautan-tautan Akses

Tim Penyidik Filipina ke Taiwan untuk Selidiki Penembakan Nelayan


Para anggota keluarga menangisi jenazah nelayan Taiwan, Hung Shih-cheng yang tewas ditembak penjaga pantai Filipina (22/5).

Para anggota keluarga menangisi jenazah nelayan Taiwan, Hung Shih-cheng yang tewas ditembak penjaga pantai Filipina (22/5).

Sebuah tim penyidik Filipina tiba di Taipei hari Senin untuk mengumpulkan bukti terkait penembakan tewas seorang nelayan Taiwan oleh Garda Pantai Filipina.

Tim delapan orang dari Biro Penyidikan Nasional yang dipimpin Danny Daganzo itu bertemu dengan para pejabat Kementerian Kehakiman Taiwan.

Nelayan itu tewas tanggal 9 Mei ditembak personil Garda Pantai Filipina di Selat Bashi, yang terletak antara Filipina Utara dan Taiwan Selatan. Daganzo tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan spesifik kunjungannya.

Seluk beluk penembakan nelayan Taiwan itu masih menjadi bahan perdebatan meskipun Filipina mengakui bahwa personil Garda Pantai negara itu melepaskan tembakan ke arah sebuah perahu nelayan Taiwan.

Menurut Manila, tindakan itu dilakukan sebagai langkah membela diri untuk mencegah perahu nelayan itu menabrak perahu Garda Pantai Filipina. Para nelayan Taiwan membantah pernyataan Filipina itu.

Hari Selasa tim Filipina itu akan meneliti perahu nelayan yang terlibat dalam insiden tersebut.
XS
SM
MD
LG