Tautan-tautan Akses

3 Ilmuwan Inggris Terima Hadiah Nobel Fisika


Tiga ilmuwan kelahiran Inggris yang dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Nobel Fisika Selasa (4/10).

Tiga ilmuwan kelahiran Inggris yang dinyatakan sebagai pemenang Hadiah Nobel Fisika Selasa (4/10).

Tiga guru besar Universitas Amerika telah memenangkan Hadiah Nobel Fisika untuk penelitian mereka mengenai keadaan eksotis materi.

Nama-nama pemenang hadiah Nobel Fisika diumumkan oleh dewan juri Nobel hari Selasa (4/10). Penelitian yang dilakukan oleh tiga orang ilmuwan kelahiran Inggris, David J. Thouless, F. Duncan Haldane dan J. Michael Kosterlitz, itu melahirkan pemahaman baru dan benar-benar tak terduga mengenai reaksi benda padat.

Ketiga ilmuwan itu juga mengembangkan persamaan matematika mereka sendiri untuk menjelaskan sifat-sifat reaksi yang ditemukan dalam penelitaian tersebut.

Thouless adalah seorang profesor emeritus di Universitas Washington, sementara Haldane adalah guru besar fisika di Universitas Princeton dan Kosterlitz adalah profesor fisika di Universitas Brown.

Ketiga ilmuwan itu mulai bekerja dalam penelitian yang akhirnya akan memberi mereka Hadiah Nobel itu pada 1970-an dan 1980-an, tetapi hakim yang menentukan seringkali menunggu puluhan tahun untuk memberikan penghargaan atas penemuan ilmiah untuk memastikan mereka siap melakukan penelitian lebih lanjut.

Haldane mengatakan dalam konferensi pers dia “seperti siapa pun, sangat terkejut dan sungguh bersyukur” memenangkan penghargaan itu.

Seiring dengan gengsi yang menyertai kemenangan atas Hadiah Nobel, penghormatan itu juga memberikan penghargaan uang tunai $930.000, yang akan dibagi untuk ketiga ilmuwan itu.

Mereka juga akan menerima diploma dan medali pada upacara penghargaan yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 10 Desember.

Pengumuman Hadiah Nobel 2016 dimulai hari Senin (3/10) dengan biolog Jepang Yoshinori Ohsumi memenangkan hadiah Kedokteran atas penemuan autophagy, yakni proses dimana sel membelah diri dan mendaur ulang materi yang dikandungnya.

Akhir pekan ini, juri Nobel akan mengumumkan pemenang hadiah kimia dan perdamaian. Minggu depan, hadiah untuk ekonomi dan sastra akan diumumkan. [lt]

XS
SM
MD
LG