Tautan-tautan Akses

Thailand Perluas UU Keamanan di Bangkok Jelang Peringatan Demonstrasi


Demonstran 'Kaos Merah' anti-pemerintah akan melakukan peringatan satu tahun demonstrasi berdarah di Bangkok.

Demonstran 'Kaos Merah' anti-pemerintah akan melakukan peringatan satu tahun demonstrasi berdarah di Bangkok.

Ini dilakukan menjelang peringatan satu tahun penumpasan dengan kekerasan terhadap para demonstran anti-pemerintah pendukung mantan PM Thaksin Shinawatra.

Pemerintah Thailand meningkatkan wewenang polisi khusus di kawasan-kawasan penting di Bangkok, sebuah langkah yang katanya bertujuan untuk menjaga ketertiban umum menjelang peringatan satu tahun penumpasan dengan kekerasan terhadap para demonstran anti-pemerintah.

Kabinet Thailand hari Rabu mendukung rekomendasi dari badan-badan keamanan untuk memperpanjang pemberlakukan Undang Undang Keamanan Internal, mulai dari tanggal 25 April hingga tanggal 24 Mei, di kawasan-kawasan yang diduduki para demonstran setahun lalu. Undang-undang itu memungkinkan pemberlakuan jam malam dan berbagai peraturan lain terhadap gerakan masyarakat.

Unjukrasa tahun 2010 yang berlangsung selama hampir dua bulan itu berubah menjadi aksi kekerasan, karena para demonstran dan kelompok oposan yang mendukung mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra, mengepung pusat kota Bangkok.

Krisis tersebut memuncak setelah militer menggunakan kekerasan untuk membersihkan perkemahan para demonstran yang menewaskan sedikitnya 90 orang dan sekitar dua ribu lainnya luka-luka.

XS
SM
MD
LG