Tautan-tautan Akses

Thailand Ekstradisi Tersangka Pedagang Senjata Rusia ke AS


Viktor Bout, tersangka pedagang senjata Rusia, dalam pengawalan polisi Thailand.

Viktor Bout, tersangka pedagang senjata Rusia, dalam pengawalan polisi Thailand.

Tersangka pedagang senjata Rusia Viktor Bout diekstradisi ke Amerika untuk diadili atas tuduhan melakukan tindakan terorisme.

Thailand telah mengekstradisi tersangka pedagang senjata Rusia Viktor Bout ke Amerika untuk menghadapi tuduhan melakukan tindakan terorisme dan mengabaikan permohonan Rusia agar memulangkannya ke Rusia.

Pihak berwenang Thailand memindahkan Bout hari Selasa dari penjara Bangkok ke pesawat carteran pemerintah Amerika yang meninggalkan ibukota Thailand siang hari waktu setempat. Beberapa pejabat Badan Penertiban Obat-obatan terlarang Amerika mengawal Bout dalam penerbangan itu.

Bout diperkirakan akan tiba di New York Selasa malam. Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva mengatakan kabinetnya menyetujui ekstradisi warga Rusia berusia 43 tahun Selasa pagi, tindakan yang telah lama ditunggu-tunggu Amerika dan ditentang Rusia.

Amerika ingin mengadili Bout atas tuduhan berkonspirasi untuk membunuh warga Amerika dan mendukung organisasi teroris. Amerika menggambarkannya sebagai salah satu penyelundup senjata yang paling aktif di dunia dan menuduhnya menjual senjata yang memicu konflik-konflik di Afrika, Amerika Selatan dan Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG