Tautan-tautan Akses

Pedagang Senjata Rusia akan Diadili di AS 12 September


Pedagang senjata Rusia, Victor Bout (berkaos merah).

Pedagang senjata Rusia, Victor Bout (berkaos merah).

Victor Bout dituduh melakukan pengiriman senjata ke pemberontak dan militan di Amerika Selatan, Afrika dan Timur tengah.

Hakim federal Amerika telah menetapkan tanggal 12 September untuk mengadili Victor Bout, seorang bekas perwira militer Soviet yang dituduh sebagai salah seorang pedagang senjata yang sangat laris di dunia.

Bout menghadap hakim tersebut dalam sidang pra-peradilan di New York hari Jumat, kehadirannya yang kedua kali di ruang pengadilan Amerika sejak diekstradisi dari Thailand pada bulan November.

Bout, yang dijuluki “Saudagar Kematian”, dituduh menggunakan armada pesawat-terbang kargo untuk mengirim senjata ke pemberontak dan militan di Amerika Selatan, Afrika dan Timur tengah. Ia mengatakan ia menjalankan perusahaan angkutan udara yang sah.

Bout ditangkap di Thailand dua tahun lalu dalam operasi petugas Amerika yang menyamar sebagai para utusan dari gerombolan pemberotak FARC Kolombia.

Ia diekstradisi ke Amerika Serikat tahun lalu setelah lebih dari dua tahun melalui saluran hukum yang berbelit-belit. Pemerintah Rusia mengutuk ekstradisi itu sebagai tindakan yang tidak sah dan politis.

Kantor berita RIA Novosti Rusia mengutip Bout mengatakan sebelumnya bulan ini ia telah menolak tawaran keringanan hukuman dari Amerika, dengan imbalan ia harus mengungkapkan koneksinya di Rusia dan negara-negara lain.

XS
SM
MD
LG