Tautan-tautan Akses

Tersangka Militan Serang Gereja di Nigeria, 50 Tewas


Lokasi pemboman di distrik bisnis di Abuja, Nigeria. (Foto: Dok)

Lokasi pemboman di distrik bisnis di Abuja, Nigeria. (Foto: Dok)

Para saksi dan pejabat setempat mengatakan orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menyerang desa-desa Minggu (29/6) dekat Chibok di negara bagian Borno.

Tersangka militan Islamis menyerang gereja-gereja di beberapa kota kecil di Nigeria timur laut, yang menewaskan sedikitnya 50 orang.

Para saksi dan pejabat setempat mengatakan orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menyerang desa-desa Minggu (29/6) dekat Chibok di negara bagian Borno. Para saksi menuduh tentara Nigeria terlalu lamban menanggapi serangan itu.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Pada April, pemberontak dari kelompok militan Boko Haram menculik lebih dari 270 siswi dari sebuah sekolah di Chibok. Para pejabat mengatakan 219 dari mereka masih belum diketahui nasibnya.

Kekerasan Minggu adalah yang terbaru dalam rentetan serangan di Nigeria timur laut yang terus terjadi walaupun pemerintah memberlakukan keadaan darurat dan mengerahkan pasukan tambahan ke daerah itu.

Militan Boko Haram telah membunuh ribuan orang dalam pemberontakan lima tahun mereka untuk menegakkan negara Islam di Nigeria timur laut, dengan serangan terhadap sekolah-sekolah, gereja-gereja, masjid, stasiun bis dan tempat-tempat umum lainnya.

XS
SM
MD
LG